Pemerintah Provinsi Optimis Pajak Kendaraan Bermotor Capai Target

Ditulis oleh  Ismail Giu Kamis, 08 November 2012 16:42

sweepingPemprov Optimis Pajak PKB Capai Target Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) optimis sektor penerimaan pajak kendaraan bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) bisa mencapai target hingga akhir tahun 2012. BKD menargetkan pendapatan pajak dari sektor ini senilai 120 Milyar Rupiah. "Rinciannya 49,6 M dari PKB serta 71,1 M dari BBN-KB. Per 16 Oktober kemarin posisi penerimaan sudah kurang lebih 108 Milyar. Kami optimis hingga akhir Desember bisa capai target," ujar Kepala Bagian Pendapatan BKD, Mirad Mardhani.

Lebih lanjut ia menambahkan, dari 3 Unit Pelayanan Teknis Badan (UPTB) BKD-Samsat yang melayani 6 kabupaten/kota se-Gorontalo rata-rata penerimaan mencapai 11 Milyar perbulan. Mengacu dari angka tersebut, diharapkan pendapatan di triwulan IV bisa memenuhi bahkan melampaui target. Untuk memacu pendapatan pajak tersebut, UPTB Samsat bekerjasama dengan Satlantas Polres tiap daerah rutin menggelar razia kendaraan bermotor. Selain merazia pengendara tanpa surat izin mengemudi (SIM), juga mengecek masa berlaku pajak kendaraan dan surat tanda kendaraan bermotor (STNK).

"olehnya kepada para wajib pajak yang sudah melampaui masa berlaku PKB, kami himbau agar segera menunaikan kewajibannya. Dengan membayar pajak itu berarti masyarakat sudah turut berpartisipasi dalam proses pembangunan di Provinsi Gorontalo," pintanya. Sementara itu, Kepala UPTB Samsat Kota Gorontalo – Bone Bolango Sudarman Samad menjelaskan, untuk memudahkan wajib pajak melunasi PKB pihaknya sudah menyediakan layanan Samsat Delivery. Wajib pajak yang tidak memiliki waktu membayar PKB dan pengesahan STNK di kantor Samsat bisa dilayani dengan program tersebut. "Kami memberikan kemudahan bagi wajib pajak di antaranya dengan menghubungi Samsat Deliver di 0853-4214-7555 untuk wilayah Kota Gorontalo dan 0853-4214-7888 untuk wilayah Limboto sekitarnya. Mereka cukup menyebut plat nomor kendaraan, petugas kami akan datang langsung ke rumah wajib pajak untuk melakukan transaksi PKB," kata mantan Kabag Humas & Protokol. (Isam-Humas)

Baca 1171 kali
Beri nilai item ini
(0 penilaian)

Tinggalkan komentar

Pastikan informasi yang bertanda (*) telah diisi. Kode HTML tidak diizinkan.

Berita Terbaru