Diklat PIM IV, Meningkatkan Jiwa Kepemimpinan dan Moral Aparatur

Ditulis oleh  Ismail Giu Rabu, 31 Oktober 2012 11:27

pembukaan diklat PIM IVGorontalo- Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim membuka secara resmi pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan tingkat IV (Diklat PIM IV) bagi pejabat eselon IV di lingkungan Pemerintah Provinsi yang bertempat di Aula BKPAD, Rabu (31/10). Diklat yang diikuti oleh 40 peserta ini ditandai dengan penyematan tanda peserta yang dilakukan oleh Wagub didampingi kepala BKPAD Saiful Darise.

Wagub pada arahannya menyambut baik pelaksaan Diklat PIM IV kali ini. Pasalnya sejak dua tahun terakhir, diklat PIM IV baru kali dilaksanakan pasca dicabutnya akreditasi oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN RI). "Sudah dua tahun terakhir pelaksanaan Diklat di BPKAD tersedat. Hal itu disebabkan akreditasi serta pelaksana kegiatan yang tidak siap. Apresiasi secara khusus bagi BKPAD yang sukses menyelenggaran Diklat kali," tutur Idris.

Meski begitu, Wagub menyayangkan terkait sejumlah pejabat eselon IV yang enggan mengikuti Diklat PIM IV dan memilih mengundurkan diri dari kepesertaan. Wagub menuding pengunduran diri tersebut menandakan ketidakseriusan aparaturnya dalam peningkatan sumber daya aparatur. "laporkan ke saya siapa saja pejabat eselon IV yang mengundurkan diri dari kepesertaan Diklat. Jangan main main dengan Diklat. Diklat ini untuk meningkatkan sumber daya aparatur yang memiliki andil penting dalam pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan," sesalnya.

Wagub berharap peserta dapat mengikuti Diklat secara serius untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan serta perbaikan moral aparatur. Dua elemen tersebut, kata Wagub, harus senantiasa terus ditingkatkan dalam upaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.
"Kepemimpinan harus dibarengi dengan moral yang baik. Sebab dalam dunia kepegawaian, seribu kal anda berprestasi dan berbuat baik tidak akan berarti jika sekali dirusak dengan moral yang rendah. Keduanya harus selalu beriringan," imbuhnya.

Sementara itu Kepala BKPAD Saiful Darise mengemukakan, total pejabat eselon IV di lingkungan Pemprov Gorontalo berjumlah 426 orang. Dari data tersebut terdapat 115 orang yang belum mengikuti Diklat. "bila dikurangi dengan 40 peserta kali ini, maka masih ada 115 eselon IV yang belum mengikutinya. Ini sebuah tantangan bagi kami agar mampu menyelenggarakan diklat bagi mereka. Semooga secara bertahap proses tersebut dapat dituntaskan," katanya. (Isam-Humas)

Baca 1104 kali
Beri nilai item ini
(0 penilaian)

Tinggalkan komentar

Pastikan informasi yang bertanda (*) telah diisi. Kode HTML tidak diizinkan.