Pemberangkatan Jamaah Calon Haji Gorontalo Tuntas

Ditulis oleh  Kamis, 18 Oktober 2012 09:55

Kloter-38Gorontalo, Proses pemberangkatan rombongan Jamaah Calon Haji (JCH) asal Provinsi Gorontalo tuntas sudah. Ini menyusul pemberangkatan rombongan JCH kloter 39 Upg, yang merupakan kloter terakhir asal Provinsi Gorontalo. Kloter yang berjumlah sebanyak 145 orang itu diberangkatkan Kamis (18/10) dini hari tadi pukul 02.00 Wita.

Sebelumnya jamaah asal Kabupaten Boalemo, Pohuwato dan Gorontalo Utara tersebut masuk asrama haji Provinsi Gorontalo pada Rabu (17/10) pukul 11.00 wita. Setelah beristirahat sejenak dan menjalani proses pemeriksaan kesehatan serta kelengkapan administrasi, maka pada pukul 22.00 wita dilakukan upacara pemberangkatan oleh Wakil Gubernur Idris Rahim.

Sementara itu rombongan JCH Kloter 38 asal Kota Gorontalo yang berangkat ke tanah suci berkurang 1 orang. Ini setelah ditemukannya salah seorang jamaah yang positif hamil 3 bulan. Yakni jamaah atas nama Karmilawati Yunus Binti Yunus usia 35 tahun, Rombongan 3 Regu 9. Dengan demikian jumlah jamaah kloter 38 yang berangkat hanya sebanyak 374 orang, termasuk petugas.

Pembatalan ini ditempuh PPIH Provinsi Gorontalo karena usia kehamilan jamaah yang bersangkutan tak sesuai dengan ketentuan kesehatan. Di mana usia kehamilan 1 hingga 4 bulan tidak bisa diberangkatkan karena sangat beresiko. Sangat rentan dengan keguguran. Yang mendapat rekomendasi kesehatan, hanya usia kehamilan 4 hingga 6 bulan. Itu pun jamaah bersangkutan harus membuat surat pernyataan. Sementara untuk usia kehamilan 6 bulan keatas, juga beresiko tinggi.

Diketahuinya jamaah tersebut positif hamil, berawal dari pemeriksaan kesehatan oleh Tim Medis dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), yang wajib dilalui oleh JCH selama karantina di Asrama Embarkasi Haji Antara (EHA) Provinsi Gorontalo, Selasa (16/10). Saat dilakukan pemeriksaan urine, diketahui yang bersangkutan positif hamil.

"Jamaah yang hamil tersebut Insyaallah akan diberangkatkan pada musim haji tahun mendatang," kata Ketua PPIH Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo Dr.Sabara K.Ngou,MPdI.

JCH Kloter 38 UPG asal Kota Gorontalo, resmi diberangkatkan Rabu (17/10) kemarin, oleh Ketua DPRD Prov. Gorontalo, Marten Tahan,SE,M.Ec.Dev sekitar pukul 10.00 Wita di Asrama EHA Provinsi Gorontalo. Jamaah bertolak dari Bandara Djalaluddin Gorontalo sekitar 12.15 Wita menuju Makassar, selanjutnya bertolak ke Jeddah sekitar pukul 18.15 Wita.

Baca 1140 kali
Beri nilai item ini
(0 penilaian)

Tinggalkan komentar

Pastikan informasi yang bertanda (*) telah diisi. Kode HTML tidak diizinkan.

Berita Terbaru