Wilayah Administrasi

Secara administrasi, Provinsi Gorontalo terdiri dari 5 kabupaten dan 1 kota. Masing-masing wilayah administrasi tersebut terbagi lagi menjadi beberapa wilayah administrasi di bawahnya yaitu kecamatan dan desa/kelurahan. Pada tahun 2017, Provinsi Gorontalo terdiri dari 77 kecamatan dan 733 desa/ kelurahan.

Aparat Pemerintah

Pada tahun 2017 terdapat sebanyak 5.049 Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo yang sebagian besar adalah pegawai Perempuan. Pegawai Negeri Golongan III adalah yang paling banyak dengan 3.134 orang.

Politik

Banyaknya anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Gorontalo periode 2014-2019 sebanyak orang 44 orang yang terdiri dari 31 laki-laki dan 13 perempuan. Dari hasil Pemilu 2014 hanya terdapat 9 partai yang berhak duduk di kursi legislatif yang terdiri dari Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN) , Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).