Print this page
Jumat, 09 Agustus 2019 20:55

BLK Gorontalo Latih Warga Desa Bongo Membuat Minyak Kelapa.

Oleh
Beri rating
(0 suara)

WONOSARI - Dinas Penanaman Modal, ESDM dan Transmigrasi Provinsi Gorontalo melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) mengadakan pelatihan pengolahan minyak kelapa kampung di Desa Bongo II Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo, Kamis (8/8/2019).

Pelatihan ini di buka oleh kepala BLK Provinsi Gorontalo, Edwin Hulopi. Dalam sambutannya Edwin Hulopi mengatakan pelatihan ini merupakan upaya meningkatkan ekonomi masyarakat dengan membuat minyak kelapa.

Minyak kelapa ini memiliki manfaat yang tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh.  Minyak ini juga dikenal sebagai minyak kampung  yang memiliki kualitas lebih baik dari minyak sawit yang lazim digunakan masyarakat.

“Kami melaksanakan pelatihan pembuatan minyak kelapa kampung kepada 16 peserta yang merupakan warga Desa Bongo II dan Desa Bongo III, kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan selama 7 hari berupa materi analisa usaha dan praktek pembuatan minyak kelapa kampung,” kata Edwin Hulopi.

Dipilihnya  Desa Bongo II sebagai lokasi pelatihan karena potensi tanaman kelapa di desa ini cukup banyak tapi harga jual kelapa sangat rendah, dengan pelaksanaan pelatihan pembuatan minyak kelapa kampung ini diharapkan masyarakat akan mendapatkan  keterampil dalam mengolah kelapa menjadi minyak kelapa kampung yang higienis.

“minyak ini memiliki nilai tambah yang mendorong penguatan ekonomi keluarga,” ujar Edwin Hulopi.

Pada pelatihan ini juga disertai pemberian bantuan peralatan pengolahan minyak kelapa kampung kepada 4 kelompok petani kelapa yang sudah dibentuk.

 

Pewarta Cheni Mahmud – Dinas Penanaman Modal, ESDM dan Transmigrasi

Baca 160 kali