>
×

Peringatan

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 43

Selasa, 06 November 2012 09:37

Menteri Kelautan dan Perikanan Bantu Nelayan Boalemo

Oleh
Beri rating
(0 suara)
Ilustrasi Ilustrasi

Gorontalo, Sesaat sebelum bertolak ke Jakarta, Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo menyempatkan diri untuk mengunjungi Kabupaten Boalemo, Senin (5/11). Dalam lawatanya ke Boalemo, Menteri KP Cicip Sutardjo menyalurkan bantaun kepada nelayan di Kabupaten Boalemo. Sebelumnya, Menteri KP Cicip Sutardjo melakukan peninjauan Pelabuhan Penampungan Ikan (PPI) Tilamuta, sekaligus temu wicara dengan nelayan, pembudidaya dan pelaku usaha perikanan setempat.

Adapun, bantuan yang diserahkan Kementerian KP untuk nelayan Boalemo mencapai Rp 3,6 Miliar, yakni berupa kapal inka mina 30 GT 1 Unit, kartu nelayan 497 kartu, pengembangan usaha mina pedesaan (PUMP) perikanan tangkap untuk 12 KUB, PUMP perikanan budidaya untuk 4 POKDAKAN, sarana pemasaran bergerak (SPG) roda 3 berpendingin sebanyak 2 unit, bantuan penyelenggaraan pendidikan di STP kepada 8 orang, serta paket materi dan penyuluhan.

Menteri KP Cicip Sutardjo mengatakan, bahwa berbagai upaya terus dilakukan oleh pemerintah untuk mengembangkan sektor kelautan dan perikanan. Salah satu upaya tersebut yaitu melalui pembangunan kelautan dan perikanan yang bertumpu pada industrialisasi. "Industrialisasi ini sebagai upaya mengakselerasikan pembangunan sektor kelautan dan perikan dengan fokus nilai tambah, produktivitas dan daya saing komoditas serta usaha di bidang kelautan dan perikanan lainnya", ujar Menteri Cicip Sutarjo.

Ia menambahkan, kedepan KKP sedang mengembangkan Sistem Logistik Ikan Nasional (SLIN) yang diharapkan bisa banyak membantu meningkatkan kesejahteraan nelayan. Metode ini melibatkan seluruh kementerian terkait untuk pengembangan sektor kelautan dan perikanan. Diharapkan melalui motede ini, potensi perikanan yang ada di Kabupaten Boalemo dapat dikembangkan menjadi salah satu sektor ekonomi unggulan perekonomian daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, mengatakan bahwa Gorontalo memiliki potensi kelautan dan perikanan yang cukup besar. Namun hal ini tidak dibarengi dengan tingkat kesejahteraan nelayan. "Oleh karena itu kedatangan Menteri KP diharapkan bisa melihat langsung kondisi masyarakat tersebut, sehingga bersama-sama dengan pemerintah daerah bisa mengambil langkah strategis untuk pengembangan sektor kelautan dan perikanan sehingga kesejahteraan masyarakat nelayan akan meningkat," tutur Rusli.

Turuh hadir dalam kegiatan tersebut anggota DPD RI Hana Hasanah Fadel Muhammad, Ketua DPRD Provinsi Gorontalo Marthen Taha serta Muspida Kabupaten Boalemo.

Baca 5290 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama