>
Senin, 21 Januari 2019 16:38

Pelajar di Boalemo Antusias Sambut Bendera Pusaka

Oleh
Beri rating
(0 suara)

BOALEMO, Humas – Perwakilan siswa siswi SMP dan SMA se Kabupaten Boalemo antusias menyambut rombongan Kirab Bendera Pusaka yang tiba di daerah tersebut, Senin (21/1/2019). Bendera tersebut sebelumnya diarak dari Kabupaten Pohuwato.

Para pelajar sengaja dihadirkan untuk memberikan edukasi tentang semangat Hari Patriotik 23 Januari 1942. Momen saat rakyat Gorontalo yang dipimpin pahlawan nasional Nani Wartabone bersama pasukan rimbanya berhasil memukul mundur penjajah Belanda di Gorontalo.

Selanjut rakyat Gorontalo menyatakan merdeka, bahkan jauh sebelum Republik Indonesia berdiri 17 Agustus 1945. Bendera merah putih yang saat itu dikibarkan di Kantor Pos, Kota Gorontalo yang kini diarak melintasi kabupaten/kota.

“Semoga semangat patriotik ini, semangat pak Nani Wartabone dan para pejuang bisa terus membara di jiwa anak muda Gorontalo khususnya di Boalemo. Jaga bendera ini sampai nanti dikibarkan lagi pada puncak peringatan 23 Januari,” kata Bupati Darwis saat menerima pasukan kirab.

Kirab ini diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari berbagai unsur organisasi yakni anggota Paskibra, Pramuka, KNPI, Karang Taruna dan Taruna Siaga Bencana (Tagana). Personil dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan Kesbangpol juga terlibat dalam acara tersebut.

Setelah melewati Kabupaten Pohuwato dan Boalemo, bendera pusaka akan menuju ke Kabupaten Gorontalo Utara. Rencananya pada Selasa besok, bendera tersebut akan dikirab menuju Kabupaten Gorontalo, Bone Bolango dan berakhir di Kota Gorontalo.

Malamnya akan disimpan di SPN Polda Gorontalo sebelum diupacarakan pada acara puncak peringatan Hari Patriotik ke-77 tanggal 23 Januari 2019. (Hmsprov)

Baca 353 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama