>
Jumat, 01 November 2019 10:23

Program Iqro Mopalaiyo Utilapulo Untuk Ibu Rumah Tangga Pedesaan

Oleh
Beri rating
(0 suara)

PAGUYAMAN – Program Iqro Mopalaiyo Utilapulo (IMUT) digelar di Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo, Selasa (29/10/2019).

Program ini merupakan upaya meningkatkan minat baca masyarakat, memberi pengetahuan dan meningkatkan semangat berinovasi sehingga masyarakat dapat memanfaatkan buku sebagai sumber ilmu pengetahuan. Peningkatan kapasitas masyarakat melalui membaca ini akan meningkatkan ketrampilan dan kesejahteraan masyarakat.

“Buku adalah jendela dunia, diibaratkan sebuah rumah yang tanpa jendela kita tidak akan bisa melihat dan mengetahui apa yang terjadi diluar, budaya membaca ini juga sudah ada sejak zaman nabi yaitu iqro yang artinya bacalah. Jika kita ingin maju harus perbanyak membaca sehingga ketrampilan pengetahuan kita bisa bertambah,” kata Yosef Koton, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo.

Program IMUT merupakan program layanan untuk memperdayakan masyarakat dan juga bersifat inklusi sosial.

Kegiatan yang dihadiri oleh ibu rumah tangga, kelompok usaha rumah tangga dan narasumber Farida sebagai pembuat sambal goreng dari jantung pisang.

"Dengan sambal ini kita bisa hemat biaya, daging yang harganya berkisar Rp 120 000/kg ini sangat dirasakan oleh kita masyarakat golongan menengah kebawah, tapi dengan adanya sambal goreng sebagai pengganti daging ini kita bisa menghemat biaya jauh lebih murah dengan hanya bermodal sekitar Rp50 ribu bisa membuat 1 panstove sambal goreng, saya menjualnya dengan harga Rp150 ribu," jelas Farida.

 

Pewarta : Domy – Dinas Arpus

Baca 177 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo