Print this page
Sabtu, 06 Juli 2019 19:49

Yulindawaty Rauf : KIM Dikelola Dari Oleh Dan Untuk Masyarakat

Oleh
Beri rating
(0 suara)

TILAMUTA – Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo menggelar kegiatan penguatan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Kegiatan ini diikuti 70 peserta dari KIM Boalemo, Dinas Kominiaksi dan Informatika Boalemo, dan berlangsung di ruang rapat Hotel Citra Ayu Tilamuta, Boalemo.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo diwakili Sekretaris Dinas, Yahya Ichsan, dalam sambutan pembukaannya mengatakan KIM ini merupakan revitalisasi dan reaktualisasi dari Kelompok Capir yang disesuaikan dengan paradigma pembangunan dan pemerintah dewasa ini, dengan mengedepankan prinsip demokrasi dan good governance.

“KIM berperan dalam memperlancar kontribusi dan distribusi informasi kepada masyarakat. Selain itu menjembatani antarmasyarakat dan pemerintah dalam penyebaran informasi dan penyerapan aspirasi,” kata Yahya Ichsan, Jumat (5/7/2019).

Selain itu masyarakat membentuk kelompok untuk mengatasi persoalan bersama melalui akses dan pemberdayaan informasi.

Dalam kegiatan yang dikemas menarik ini bertindak sebagai moderator dan sekaligus pemateri adalah Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik, Yulindawaty P Rauf. Pemateri lainya adalah narasumber ahli, Syahril Moiinti Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Boalemo dengan materi pengembangan KIM berbasis ekonomi lokal.

Disksui yang berkembang akrab ini direspon baik oleh para peserta, yang umumnya kaum muda. Sesi tanya jawab dimanfaatkan seoptimal mungkin oleh peserta, termasuk membangun dan menguatkan jejaring  antarmereka.

Yulindawaty P Rauf dalam paparannya menjelaskan KIM dibentuk untuk menemukan masalah bersama melalui diskusi dengan anggota kelompok, mengenali cara pemecahan masalah, membuat keputusan dengan kerjasama, mengembangkan jaringan informasi buat memecahkan masalah dan memenuhi kebutuhan.

Lebih lanjut, Yulindawaty P Rauf mengurai tugas pokok dan fungsi KIM untuk mewujudkan masyarakat yang aktif, peduli peka dan memahami informasi, memberdayakan masyarakat melalui diskusi antaranggota sehingga dapat memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan bagi kepentingan pribadi, kelompok, masyarakat dan bangsa, mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dan arah antarkelompok/masyarakat maupun dengan pihak lainnya (pemerintah), sehingga tercipta kerjasama, kebersamaan dan persatuan.

Yulindawaty P Rauf memepertegas KIM ini adalah lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari oleh dan untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai kebutuhan.

“Tujuan KIM adalah untuk mendorong berkembangnya motivasi masyarakat, berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. KIM ini juga sebagai mitra kerja pemerintah dalam melaksanakan pembangunan,” jelas Yulindawaty P Rauf.

 

Pewarta “ Wisnawaty Saleh – Dinas Kominfo dan Statistik

Baca 175 kali