>
Jumat, 03 Juli 2020 11:37

Dinas Pariwisata dan PLN Gelar Pelatihan Ekowisata di Tulabolo

Oleh
Beri rating
(1 Vote)

GORONTALO - Dinas Pariwisata dan PT PLN Persero menggelar pelatihan pengelola ekowisata bersama kelompok usaha tani program ekowisata di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone dengan hewan khas burung maleo di Desa Tulabolo, Kecamatan Suwawa Timur Kabupaten Bone Bolango. Kamis (2/7/2020).

Kegiatan ini dilakukan untuk menyambut tatanan hidup baru (new normal) tourism dan mendukung pariwisata Gorontalo di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.

Kedua instansi ini bekerja sama pemberdayaan masyarakat melalui program pelatihan pembuatan handicraft dan sablon.

"Kegiatan ini untuk memberdayakan masyarakat supaya lebih produktif dan memanfaatkan sumber daya lokal untuk mengasilkan sesuatu," kata Rifli Katili, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo.

Dinas Pariwisata bersama PLN berharap Desa Tulabolo menjadikan desa yang berkembang dengan memanfaatkan sumber daya alamnya. Desa ini sudah dikenal sebagai desa ekowisata, wisata minat khusus ini relevan dengan kondisi saat ini. Selama empat bulan sektor pariwisata terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Rifli Katili  menjelaskan menghadapi new normal life saat pariwisata minat khusus atau ekowisata adalah jawaban yang tepat. Keunikan keanekaraman hayati dan budaya menjadi sajian yang memikat. Satwa endemik seperti tarsius, burung maleo, rangkong, babi rusa, anoa adalah atraksi kelas dunia.

“Kami mendorong masyarakat untuk memproduksi souvenir, ketika wisatawan datang mereka bisa berbelanja sebagai kenangan-kenangan untuk dibawa pulang,” ujar Rifli Katili.

Ada 2 hal yang didorong Dinas Pariwisata di Desa Tulabolo agar memiliki branding. Rifli Katili menjelaskan sehebat apapun suatu destinasi wisata tetapi tidak dibranding dengan bagus akan kalah bersaing dengan tempat-tempat lain yang sesungguhnya sederhana tapi mereka punya merek.

Kemampuan untuk menarasikan kelebihan Tulabolo, Hungayono, Taman Nasional Nani Wartabone harus diangkat sebagai kekuatan yang memberi kesan bagi wisatawan.

“Ekowisata itu sederhana, merupakan jenis wisata yang bertanggung jawab, bertujuan bagaimana mengkonservasi lingkungan, melestarikan kehidupan dan menyejahterakan masyarakatnya.

Pada pelatihan ini hadir Kepala Bappeda Provinsi Gorontalo, GM PT PLN, Camat Suwawa Timur, Kepala Desa, Kepala Bidang Litbang Bappeda dan Dinas Pariwisata Bone Bolango.

Pelatihan ini berlangsung selama 2 hari,  dari tanggal 2-3 Juli 2020 di kantor Camat Suwawa Timur, pelatihan yang di berikan yakni membuat kerajinan tangan sablon kain dan kerajinan tangan souvenir dengan bahan bambu.

 

Pewarta : Aldi - Dispar

Baca 114 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama