>
Kamis, 05 Desember 2019 22:31

DKP Targetkan 50 Pas Kecil Untuk Nelayan Bone Bolango

Oleh
Beri rating
(0 suara)

KABILA BONE - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Gorontalo menargetkan 50 Pas Kecil untuk nelayan di kabupaten Bone Bolango dalam kegiatan Gerai Nelayan yang digelar selama 2 hari, Kamis-Jumat (5-6/12/2019) yang bertempat di Aula Kantor Desa Olele Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango.

Penyelenggaraan kegiatan Gerai Nelayan ini untuk mempermudah nelayan kapal berkapasitas di bawah 7 GT memperoleh Pas Kecil melalui Gerai Nelayan.

Untuk pengurusan Pas Kecil ini, DKP Provinsi Gorontalo bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, melalui kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Gorontalo.

Dalam kegiatan ini dihadiri Kepala Bidang Perikanan Tangkap dan Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan serta jajarannya dan Kepala Seksi Status Hukum dan Sertifikasi Kapal KSOP Kelas III Gorontalo, Tri Edy Wijayanto,  petugas ahli ukur kapal, Pemerintah Desa Olele dan masyarakat nelayan

 “Kegiatan ini sudah kami koordinasikan sejak tanggal 17 Oktober lalu bersama KSOP, Penyuluh Perikanan serta pelaku usaha penangkapan ikan,” kata Kepala Bidang Perikanan Tangkap dan PSDKP, Andryanto Rahim.

Andryanto Rahim menjelaskan dari 3 tempat yang ditargetkan, Desa Olele yang pertama dikunjungi beserta tim, dalam waktu 2 hari k edepan mereka menargetkan 50 bahkan bisa sampai 60 Pas Kecil akan terbitkan.

Andryanto Rahim menambahkan untuk memperoleh Pas Kecil ini nelayan tidak dipungut biaya sedikitpun alias gratis, ini merupakan komitmen bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo untuk membantu nelayan dalam pengurusan kelengkapan dokumen kapal.

Pas Kecil adalah surat tanda kebangsaan kapal bagi kapal di bawah 7 GT yang diberikan sebagai legalitas untuk dapat mengibarkan bendera kebangsaan kapal, termasuk kapal penangkap ikan, penjelasan ini ada pada Pasal 163 ayat (2) undang-undang nomor 17 Tahun 2008 tentang pelayaran.

Secara umum jika ingin melakukan pengurusan Pas Kecil pemilik kapal mengajukan permohonan kepada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di pelabuhan di mana kapal berada dengan dilampiri bukti kepemilikan dan identitas pemilik, selain itu juga persyaratan administrasi yang harus dipenuhi antara lain bukti hak milik kapal, identitas pemilik dan surat keterangan ukuran dan tonase kapal yang diterbitkan oleh Syahbandar.

Kedepan kegiatan Gerai Nelayan untuk mempermudah pengurusan Pas Kecil ini akan dilakukan di Kota/Kabupaten lain.

 

Pewarta : Yanto - DKP

Baca 91 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama