>
Kamis, 14 Maret 2019 20:49

DLHK Provinsi Gorontalo Gelar Sosialisasi Pengolahan Sampah Melalui Program 3 R

Oleh Nurmulianto
Beri rating
(0 suara)

Sosialisasi 01Sosialisasi 02

Bone-Bolango.- Persoalan sampah, merupakan hal yang tak dapat dipisahkan dari sebuah kota atau daerah. Seiring dengan peningkatan jumlah penduduk, tentu saja kebutuhan konsumsi masyarakatnya yang terus melonjak, maka Sampah-sampah yang dihasilkan juga semakin bertambah; bukan hanya sampah rumah tangga yang bertambah akan tetapi sampah industri, bahkan sampah perkantoran juga bertambah

Persoalan sampah bukan hanya terbatas pada material sampahnya, akan tetapi pembuangan, pengelolaan, dan pengolahan sampah terkadang menjadi masalah serius yang perlu ditangani dengan baik dan sigap. Persoalan sampah dan pengolahannya menjadi pekerjaan rumah tangga bagi setiap daerah khususnya Provinsi Gorontalo. Sebuah tantangan yang sangat besar mengatasi banyaknya sampah yang menumpuk, jika dibandingkan dengan daya konsumsi masyarakatnya yang tinggi. Sedangkan ketersediaan akses TPA (Tempat Pembuangan Akhir) sampah yang sangat minim.

Berangkat dari permasalahan ini, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo melaksanakan Sosialisasi Pengelolaan Sampah Melalu Program 3R (Reduce, Reuce dan Recycle) di Desa Huntu Barat  Kecamatan Bolango Selatan Kabupaten Bone Bolango  (14/3/2019) yang dihadiri oleh 100 orang peserta berasal dari seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Bone Bolango.

Hadir dalam acara tersebut sebagai pemateri adalah : Dr.Amir Halid,Msi (UNG) , Johni Tumiwa,SKM.Msi (DLH Kabupaten Bone Bolango) dan Sukriyanto Katili SIP,Msi (Camat Bolango Selatan). Dalam Sambutannya Kadis Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diwaliki oleh Kasie Sampah dan Limbah B3 :Yuni Hagu, S.Pi mengatakan bahwa maksud dari kegiatan ini adalah untuk Pembinaan dan Peningkatan Kapasitas Masyarakat Melalui Program 3R sesuai yg tercantum dalam amanat UU Nomor 32 tahun 2009 tentang PPLH dan PP 81 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga serta Perpres 97 tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategis Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga.

“Adapun yang menjadi tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam pengelolaan sampah melalu i program 3R berupa peningkatan kemampuan teknis Masyarakat dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Bone Bolango serta membangun komitmen  dan peran partisipasi pemerintah dan masyarakat, dunia usaha ,LSM,dan stakeholder lainnya dlm pengelolaan sampah di Provinsi Gorontalo”, ungkap Yuni Hagu. Dalam kegiatan ini diserahan pula bantuan alat peraga komposter dan alat peraga tempat sampah terpilah kepada masyarakat Kecamatan Bolango Selatan Kabupaten Bone Bolango

Sosialisasi 03

Diperoleh informasi awal, bahwa kegiatan yang sama akang diselenggarakan juga di Kabupaten Pohuwato dengan jumlah peserta yang sama. Yang menjadi Target se-Provinsi Gorontalo adalah ASN yg bekerja di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan ,Dinas PU Provinsi Gorontalo dan Pemda Kota dan Kabupaten sebanyak 50 orang unsur Masyarakat, dunia usaha ,LSM dan stakeholder sebanyak 600 orang.

Baca 147 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo