>
Rabu, 29 Juli 2020 12:27

Kadis PUPR Instruksikan Percepatan Pembangunan Jembatan Molintogupo

Oleh
Beri rating
(0 suara)
 Kepala Dinas PUPR Provinsi Gorontalo Handoyo Sugiharto  (kanan) saat meninjau pekerjaan pembangunan jembatan Molintogupo di Kecamatan Suwawa tengah Kabupaten Bone Bolango. (Foto Yudi) Kepala Dinas PUPR Provinsi Gorontalo Handoyo Sugiharto  (kanan) saat meninjau pekerjaan pembangunan jembatan Molintogupo di Kecamatan Suwawa tengah Kabupaten Bone Bolango. (Foto Yudi)

SUWAWA TENGAH -  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo akan lakukan percepatan pembangunan Jembatan Molintogupo yang menghubungkan Kecamatan Suwawa Tengah dan Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango.

Hal tersebut disampaikan Handoyo Sugiharto, Kepala Dinas PUPR usai meninjau pekerjaan jembatan tersebut, Selasa (28/07/2020)

Handoyo Sugiharto mengatakan hujan intensitas tinggi di daerah hulu sungai Bone menyebabkan pekerjaan pembangunan jembatan sering terganggu.

“Sehubungan dengan kondisi di lapangan yang sering terjadi banjir, maka kita akan lakukan percepatan dalam melaksanakan pembangunan Jembatan Molintogupo,” kata Handoyo.

Dari hasil Peninjauan tersebut Handoyo mengingatkan kepada pelaksana untuk segera melakukan beberapa hal, agar percepatan pembangunan sesuai dengan konstruksi dan bisa selesai tepat waktu yang telah direncanakan.

“Ada beberapa hal yang perlu dipercepat di antaranya abument dan pier yang bisa segara disesuaikan jangan sampai terjadi iddle, karena ketika rangka jembatan datang ini belum siap,” ujar Handoyo.

Untuk membangun Jembatan Molintogupo, Pemerintah Provinsi Gorontalo telah menggelontorkan anggaran APBD sebesar Rp17,5 miliar.

Jembatan ini menggunakan konstruksi rangka baja dengan 2 kali bentangan yaitu B60 dan B55, sedangkan untuk lantai jembatan akan menggunakan lantai beton lebar 7 meter, dengan rincian 6 meter untuk badan jalan dan 0,5 meter untuk trotoar di kiri dan kanan badan jembatan.

Kepala Bidang Bina Marga Abdul Fandit Ahmad menambahkan jika pekerjaan Jembatan Molintogupo akan rampung sesuai jadwal pada akhir 2020, maka jembatan tersebut akan menjadi salah satu jembatan termegah yang ada di Bone Bolango.

“Saat ini progresnya memang masih sekitar 10 persen, akan naik sekitar 30 persen lebih jika rangka baja yang dipesan tiba dalam pekan ini dan jika jembatan ini rampung maka akan menjadi kebanggaan masyarakat Bone Bolango khususnya masyarakat di kecamatan Suwawa Tengah dan Suwawa Selatan,” ucap Abdul Fandit Ahmad.

 

Pewarta: Yudi - PUPR

Baca 57 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama