>
Jumat, 25 September 2020 18:24

Keragaman Pangan Lokal Miliki Kandungan Gizi Seimbang dan Aman

Oleh
Beri rating
(0 suara)

SUWAWA  - Budidaya tanaman pangan terus digalakkan oleh Pemerinta Provinsi Gorontalo dalam upaya pemenuhan makanan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman. Untuk Dinas Pangan telah memprogramkan konsep Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA). Keragaman pangan sangat penting untuk membuat kandungan gizi dalam satu porsi makan menjadi seimbang dan aman.

Idealnya setengah piring terdiri dari sayur dan buah, seperempatnya diisi dengan protein seperti ikan, ayam, daging, dan lainnya kemudian seperempat lainnya terdiri dari pangan pokok lokal atau biji-bijian

Aneka jenis pangan juga dapat menghindarkan manusia dari penyakit, yang menjadikan tubuh mampu mentolerir racun yang rendah. Namun jika makan satu jenis makanan terus menerus, peluang mendapat risiko jadi lebih tinggi. Asupan gizi harus seimbang yang didapat dari beragam jenis pangan, ini bisa menjauhkan dari risiko makanan tertentu.

Gerakan diversifikasi pangan lokal yang dirangkaikan dengan panen bersama Menteri Pertanian dan petani mendapat apresiasi oleh Wakil Gubernur Idris Rahim membuka kegiatan tersebut.

“Keberagaman pangan dirasa penting maka makanan tradisional saat itu jadi kaya rasa, penggunaan berbagai jenis pangan membuat wajah kuliner Indonesia kian berwarna, sayangnya, dominasi beras masih sangat terasa,” kata Kepala Dinas Pangan, Sutrisno.

Banyak masyarakat yang masih merasa kurang jika belum makan nasi. Pangan lokal harus bersaing dengan paparan budaya asing dalam dunia kuliner di Indonesia.

Makana asing yang serba cepat, praktis dan menyenangkan sepertinya bertolak belakang dengan gaya masak orang Indonesia, misalnya rendang yang butuh waktu berjam-jam untuk memasaknya. Pangan lokal merupakan pembentuk dari ciri khas makanan daerah.

Makanan lokal yang menggunakan bahan pangan yang diproduksi di daerah juga sudah dipahami oleh masyarakat, mereka sangat mahir mengolah dan menyajikannya. Cara masak yang turun-temurun ini membentuk cita rasa khas suatu daerah.

Gerakan diversifikasi pangan lokal ini dihadiri Kepala Dinas Pertanian Muljady D Mario, Kepala BPTP, Kepala Dinas Pangan Bone Bolango Safri Puili serta anggota DPRD Dapil Kabupaten Bone Bolango Yuriko Kamaru, dan para petani.

 

Pewarta : Maman - Dinas Pangan

Baca 59 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama