>
Senin, 21 Oktober 2019 07:26

Komisi I Minta Data Dasar Kependudukan Harus Akurat Agar Program Tepat Sasaran

Oleh
Beri rating
(0 suara)

TILONG KABILA – Upaya menyinkronkan data dasar kependudukan Provinsi Gorontalo terus dilakukan eksekutif maupun legislatif. Untuk itu pada Jum’at (18/10/2019) Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo melakukan Kunjungan kerja ke beberapa Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil se-Provinsi Gorontalo.

Kunjungan kerja kali ini ke Kabupaten Bone Bolango, rombongan dipimpin oleh Sekertaris Komisi I, Irwan Mamesah yang didampingi anggota komisi, Hidayat Bouty dan Yuriko Kamaru untuk melakukan berkonsultasi.

Kehadiran Komisi I ini diterima Kepala Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Bone Bolango, Oktavianus Rahman.

“Kami ke sini untuk melakukan sinkronisasi data kependudukan, mengingat selama ini di setiap Instansi atau badan masing – masing memiliki data penduduk, namun tidak sinkron,” kata Irwan Mamesah, Sabtu (19/10/2019).

Anggota Komisi I, Yuriko Kamaru membeberkan isu penting dalam pertemuan ini antara lain kebijakan pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat harus merujuk pada data yang mutahir dan terintegrasi, pentingnya sistem data yang terbarukan dan terintegrasi guna validasi data sehingga program yang dijalankan tepat guna dan tepat sasaran, menurunkan atau mengurangi angka kemiskinan di Provinsi Gorontalo harus berdasarkan data yang lengkap, seperti dalam data kependudukan dilihat dari jenis pekerjaan seperti petani, data ini harus butuh verifikasi berbasis rujukan apakah petani pemilik, petani penggarap atau buruh tani.

“Jika dia buruh tani maka yang masuk dalam kategori BDT sangat tidak tepat jika dia mendapatkan bantuan bibit. 3 hal ini sangat penting untuk ditindaklanjuti,” kata Yuriko Kamaru.

Saat ini DPRD Provinsi Gorontalo tengah melaksanakan kunjungan kerja Pansus, salah satunya adalah Pansus Ranperda Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.



Pewarta : Ferdi Igirisa – Sekretariat DPRD

Baca 126 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo