>
Senin, 12 Agustus 2019 21:36

Pembangunan Jembatan Molintogupo Masuk Renja Dinas PUPR 2020

Oleh
Beri rating
(0 suara)
Kepala Dinas PUPR Provinsi Gorontalo Handoyo Sugiharto (Tengah) saat memimjau langsung dari bawah Jembatan Molintogupo yang berada di desa Molintogupo,  Senin (12/08/2019) Foto By. Yudi Kepala Dinas PUPR Provinsi Gorontalo Handoyo Sugiharto (Tengah) saat memimjau langsung dari bawah Jembatan Molintogupo yang berada di desa Molintogupo, Senin (12/08/2019) Foto By. Yudi

 

SUWAWA – Menindaklanjuti instruksi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie untuk membangun jembatan Molintogupo secara permanen beberapa waktu lalu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo melakukan peninjauan ke lokasi.

Peninjauan ini dilakukan oleh Handoyo Sugiharto, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) didampingi Kepala Bidang Bina Marga Abdul Fandit Ahmad, Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Zulkarnain Habibie serta Kepala Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan Suratman Giu, Senin (12/08/2019)

“Tadi pagi kami sudah meninjau secara bersama-sama dengan PUPR Bone Bolango ini bagian dari rencana pembangunan Jembatan Molintogupo. Pembangunnya sudah masuk dalam rencana kerja (Renja) tahun 2020” Kata Handoyo Sugiharto.

Menurut Handoyo Sugiharto, posisi Jembatan Molintogupo terletak pada lengkungan sungai yang dapat merusak fisik jembatan, sehingga titik koordinat untuk pembangunan jembatan yang baru nanti akan berubah.

“Titik koordinatnya akan digeser, karena lokasi jembatan lama berada pada lengkungan sungai yang mengakibatkan terjadinya turbolensi aliran air Sungai Bone, ini membahayakan,” jelas  Handoyo Sugiharto

Dari hasil peninjauan, Handoyo Sugiharto memaparkan lokasi pembangunan Jembatan Moluntogupo akan digeser 500 meter dari titik jembatan yang lama dan menunggu kajian serta evaluasi teknis.

“Dengan jarak sekitar 500 meter ke arah barat atau hilir didapati sutu lokasi yang lurus dengan bentang 2×35 meter atau sekitar 70 meter. Nah itu kita akan hitung untuk pembangunan jembatan beton dengan panjang sekitar 70 meter,” kata Handoyo Sugiharto.

HAndoyo juga berharap Pemda Kabupaten Bone Bolango dapat memfasilitasi  pengadaan lahan sehubungan dengan lokasi pembangunan Jembatan Molintogupo yang baru, karena berada pada lokasi  Pompa Air Tanpa Mesin (PATM) dan ujung luarnya ke arah Desa Molintogupo.

“Pemerintah dan masyarakat Kecamatan Suwawa Selatan berterima kasih kepada pak Gubernur Gorontalo Rusli Habibie atas perhatiannya untuk membangunan jembatan Molintogupo, kami mendukung dengan sepenuhnya karena ini akan dinikmati oleh masyarakat dua kecamatan” kata Oktavianus Tangahu, Camat suwawa selatan

 

Pewarta : Yudi – Dinas PUPR

Baca 125 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo