>
Kamis, 11 Jun 2020 00:40

Program P2L Bantu Masyarakat Penuhi Kebutuhan Pangan Keluarga

Oleh
Beri rating
(0 suara)

 

GORONTALO - Pemerintah Provinsi Gorontalo berupaya membantu masyarakat di tengah pandemi Covid-19 Melalui Dinas Pangan dengan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

Melalui P2L ini Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengharapkan warga tinggal di rumah namun tetap produktif melalui penanaman hortikultura di pekarangan halaman.

Selain hortikultura, halaman belakang rumah juga dapat digunakan untuk beternak ayam untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga sehari hari.

Dinas Pangan yang menjadi garda terdepan program ini memiliki tanggung jawab yang besar untuk menyukseskannya, salah satu yang dilakukan adalah dengan melakukan pendampingan kepada  Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati Lombongo dan Kelompok Wanita Tani Hulantala Timur Kabupaten Bone Bolanggo. 

Kunjungan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie ke KWT Melati Lombongo dan KWT Huntala Timur mengapresiasi kerja para petani di desa ini. Rusli Habibie meminta warga terus produktif di masa pandemi Covid-19 ini dengan memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami berbagai jenis hortikultura.

Dua kelompok tani ini mendapat kunjungan dari Kepala Dinas Pangan, Sutrisno, Rabu (10/6/2020). Rombongan dinas pangan ini melihat keberhasilan kelompok tani menge,mbangkan sayuran lokal.

“Di masa pandemi Covid-19 kebutuhan bahan pangan atau logistik tidak lancer, di sinilah perlunya ketahanan pangan keluarga dengan cara memanfatkan pekarangan yang ada,” kata Sutrisno, Kepala Dinas Pangan.

Kebutuhan pangan dipenuhi oleh keluarga itu sendiri dengan melibatkan anggota keluarga yang lainnya. Program P2L ini dapat memenuhi konsumsi yang berimbang dan bergizi dengan menanam sayuran, buah, dan beternak sehingga mendapatkan karbohihrat dan protein yang baik.

“Program P2L juga dapat menekan laju inflasi, penyebab inflasi adalah kenaikan harga terutama bahan pangan seperti bawang, rica, dan tomat. Dengan P2L ini setiap keluarga mampu menghemat pengeluaran,” ujar Sutrisno.

 

Pewarta : Hariman - Pangan

Baca 359 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama