>
Jumat, 21 Jun 2019 22:36

Status Danau Perintis Harus Jelas Untuk Pengelolaan Masa Depan

Oleh
Beri rating
(0 suara)
Alat berat Milik Dari BWS II Sulawesi saat melakukan pembersihan eceng gondok dan tumbuhan yang berada di danau perintis. Foto :Yudi Alat berat Milik Dari BWS II Sulawesi saat melakukan pembersihan eceng gondok dan tumbuhan yang berada di danau perintis. Foto :Yudi

SUWAWA  – Status Danau Perintuis yang berada di Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango harus jelas, apakah danau atau embung.

Untuk itu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo sedang melakukan peninjauan kembali dokumen dan mendatangkan tim konsultan untuk melakukan kajian Sistem Informasi Geografis (SIG).

Hal ini ditegaskan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo Handoyo Sugiharto saat mendampingi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie melakukan peninjauan pekerjaan Revitalisasi Danau Perintis, Jumat (21/06/2019).

“kita akan tinjau lagi apa-apa dokumen perencanaan yang pernah ada disni, kemudian kita akan sesuaikan untuk kebutuhan ke depan, tahun ini kami mendatang konsultan. Setelah status danau ini menjadi embung kemudian kita akan serahkan ini pemerintah pusat melalaui kementerian PUPR,” kata Handoyo Sugiharto.

Revitalisasi Danau Perintis ini merupakan tindak lanjut hasil rapat koordinasi yang dilaksanakan beberapa waktu lalu di salah satu villa, yang berada di bagian pinggiran danau ini.

Sejumlah alat berat melakukan pengerukan di beberapa titik danau yang mulai mengalami pendangkalan akibat suburnya enceng gondok dan gulma air lainnya.

“Danau Perintis saat ini memiliki dua luasan, yaitu luasan lengkap termasuk kawasan tangkapan air area sekitar 560 hektar dan untuk luasan yang sekarang tergenang air sekitar hanya 23 hektar,” ujar Handoyo Sugiharto.

Untuk memperjelas status danau menjadi embung, Handoyo Sugiharto mengatakln pihaknya akan meninjau kembali, sekaligus memeriksa lagi dokumen-dokumen yang pernah ada.

“Kita tinjau dokumen perencanaan yang pernah ada, disesuaikan kebutuhan di masa depan,” kata Handoyo Sugiharto.

Handoyo Sugiharto berharap pengelolaan Danau Perintis ini bisa didanai oleh APBN.

 

Pewarta : Yudi – Dinas PUPR

Baca 169 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo