>
Kamis, 28 Maret 2019 13:31

Wagub Gorontalo Pantau Proses Sortir dan Lipat Surat Suara

Oleh
Beri rating
(0 suara)

KABUPATEN BONE BOLANGO, Humas – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim memantau proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu Serentak tahun 2019, Kamis (28/3/2019). Pemantauan dilakukan di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo dan KPU Kabupaten Bone Bolango.

“Alhamdulillah dari pantauan saya di dua lokasi itu proses penyortiran dan pelipatan surat suara sementara dikerjakan. Saya berharap proses ini bisa selesai tepat waktu sesuai dengan yang ditargetkan KPU agar Pemilu Serentak di Provinsi Gorontalo bisa berlangsung sukses, aman, dan lancar,” jelas Wagub Idris Rahim saat diwawancarai sejumlah wartawan usai pemantauan di KPU Bone Bolango.

Proses penyortiran dan pelipatan surat suara di KPU Kota Gorontalo dan Bone Bolango, masing-masing melibatkan 100 pekerja, terdiri dari staf KPU, siswa peserta praktek kerja, dan sejumlah masyarakat. Untuk memacu sortir dan lipat surat suara, Wagub menyarankan pihak KPU untuk terus melakukan evaluasi progres penyortiran dan pelipatan.

“Dalam dua hari ke depan dievaluasi lagi, jika memang waktunya sudah semakin mepet, perlu dipikirkan untuk menambah pekerja sortir dan lipat,” saran Idris.

Sebelumnya, Ketua KPU Kota Gorontalo Sukrin Saleh Taib menjelaskan, pihaknya menerima surat suara sebanyak 508 dus yang berisi 678 ribu surat suara. Proses penyortiran dan pelipatan di KPU Kota Gorontalo sudah dimulai sejak hari Senin, 25 Maret 2019.

“Kita sudah menyelesaikan penyortiran dan pelipatan untuk surat suara DPR RI sebanyak 138 dus, kemudian kita lanjutkan dengan surat suara DPRD Provinsi. Kita targetkan sortir dan lipat ini selesai dalam waktu 7 sampai 8 hari,” ujar Sukrin.

Sementara itu jumlah surat suara yang diterima oleh KPU Bone Bolango sebanyak 114.288 untuk setiap jenis surat suara. Terkait proses pendistribusian surat suara dan logistik Pemilu Serentak di Kabupaten Bone Bolango, KPU Bone Bolango akan mulai mendistribusikannya pada H-5.

“Distribusi H-5 itu khusus untuk wilayah yang sulit dijangkau, seperti Pinogu. Kemudian H-4 kita akan distribusikan ke semua kecamatan,” tutur Komisioner KPU Bone Bolango, Humairoh U. Tipuwo.

Selain memantau proses penyortiran dan pelipatan surat suara, Wagub Idris Rahim yang didampingi oleh Kepala Bagian Program dan Data Sekretariat KPU Provinsi Gorontalo, Fadli Alamari, meninjau gudang penyimpanan kotak suara dan logistik Pemilu lainnya. (Hmsprov - Haris)

Baca 426 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama