>
Jumat, 21 Desember 2018 09:28

45 Unit Rumah KAT Tanjung Karang Diresmikan

Oleh
Beri rating
(0 suara)

KABUPATEN GORONTALO UTARA, Humas – Menteri Sosial RI yang diwakili Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial, Pepen Nazarudin, meresmikan 45 unit rumah Komunitas Adat Terpencil (KAT) Tapai Buhu Desa Tanjung Karang, Kecamatan Tomilito, Kabupaten Gorontalo Utara, Kamis (20/12/2018). Bantuan rumah KAT Tapai Buhu yang akan dihuni oleh 153 jiwa tersebut senilai Rp1,4 miliar.

“Program Pemberdayaan KAT ini merupakan wujud nyata Nawa Cita Presiden Joko Widodo yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan,” kata Pepen Nazarudin saat membacakan sambutan tertulis Mensos RI.
Pepen menjelaskan, kebijakan teknis pemberdayaan KAT secara terus menerus dikembangkan dan diarahkan dengan empat pilar, yaitu peningkatan jangkauan dan kualitas pemberdayaan sosial KAT, peningkatan dan penguatan sumber daya manusia, sosial budaya, ekonomi dan lingkungan, peningkatan peran pemerintah daerah, serta peningkatan peran aktif masyarakat dan kemitraan dunia usaha.

“Fokus pemberdayaan KAT adalah aspek keterpencilan yang menyebabkan terbatasnya aksesibilitas pelayanan sosial dasar. Pemberdayaan KAT dilakukan sebagai upaya percepatan dalam menuju cita-cita KAT yang setara dan sejahtera,” imbuhnya.

Lebih lanjut Dirjen Pemberdayaan Sosial mengungkapkan, untuk tahun 2019 Provinsi Gorontalo akan memperoleh alokasi anggaran pembangunan rumah KAT sebanyak tiga lokasi.

“Sebelumnya kami hanya mengalokasikan untuk dua lokasi, tetapi berkat perjuangan pak Gubernur yang terus berkomunikasi dengan kami di Kemensos, lokasinya kami tambah satu lagi sehingga menjadi tiga lokasi,” ungkap Pepen Nazarudin.
Sementara itu Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim pada peresmian rumah KAT tersebut berpesan kepada penerima bantuan untuk memelihara dan menjaga bantuan dari pemerintah. Idris menuturkan, pembangunan KAT menunjukkan komitmen pemerintah untuk membantu dan mensejahterakan masyarakat. Olehnya itu dirinya berharap, bantuan tersebut akan mendorong masyarakat untuk lebih bersemangat dan termotivasi bekerja dan berusaha dalam meningkatan kesejahteraan keluarga.

“Jangan sampai bantuan ini justru membuat rakyat malas bekerja dan berusaha. Bantuan ini harus disyukuri dan dijadikan sebagai motivasi untuk lebih giat bekerja untuk kesejahteraan keluarga,” ujar Wagub Idris Rahim.

Para penerima bantuan rumah KAT juga memperoleh bantuan jaminan hidup tahun ke I selama enam bulan berturut-turut, bantuan bibit, peralatan kerja, serta bantuan peralatan rumah tangga. Total bantuan sosial pemberdayaan KAT Tapai Buhu Desa Tanjung Karang sebesar Rp1,56 miliar.(Hmsprov-Haris).

Baca 42 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo