>
Jumat, 15 Maret 2019 08:38

Baksos NKRI Peduli, Program Untuk Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Oleh
Beri rating
(0 suara)

KABUPATEN GORONTALO, Humas – Pemerintah Provinsi Gorontalo kembali menggelar bakti sosial (baksos) NKRI Peduli. Penyelenggaraan baksos NKRI Peduli untuk ke-78 kalinya, dilaksanakan di Desa Ilomangga, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo, Kamis (14/3/2019).

“Baksos NKRI Peduli merupakan program yang langsung menyentuh kepentingan rakyat, dan semata-mata tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dalam arahannya pada kesempatan itu.

Rusli juga sempat berkisah tentang kehidupan kecilnya di Kecamatan Tabongo. Dirinya membandingkan kondisi Tabongo yang pada saat itu infrastrukturnya masih sangat terbatas ditambah belum adanya jaringan listrik. Menurutnya, pembangunan di Tabongo saat ini terus bergeliat dan manfaatnya sudah dirasakan oleh masyarakat.

“Ini patut kita syukuri. Bahkan sebagai komitmen untuk membantu masyarakat kurang mampu, baksos NKRI Peduli akan terus dilaksanakan hingga akhir periode kepemimpinan kami,” ujar Gubernur Gorontalo dua periode tersebut.

Pada baksos NKRI Peduli, Pemprov Gorontalo menyalurkan berbagai bantuan. Untuk Kecamatan Tabongo, bantuan yang diserahkan oleh Gubernur Rusli Habibie di antaranya Rumah Hunian Idaman Rakyat (RH-IR) sebanyak 24 unit dengan total anggaran Rp744 juta. Ada pula bantuan benih jagung yang dibagikan kepada 24 kelompok tani dengan lahan seluas 678 hektar sejumlah 10.170 kilogram, dengan alokasi anggaran sebesar Rp447 juta.

Baksos NKRI Peduli juga diisi dengan kegiatan pelayanan kesehatan gratis dan pasar murah. Bahan kebutuhan pokok pada pasar murah baksos NKRI Peduli, harganya telah disubsidi oleh Pemprov Gorontalo dan dijual dengan harga yang sangat terjangkau oleh masyarakat. Mulai dari beras, gula pasir, minyak goreng, telur, dan sejumlah rempah-rempah, rata-rata dijual dengan harga Rp5.000,00 perkilogram.

Kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh ribuan masyarakat untuk berbelanja bahan kebutuhan pokok. Warga pun mengaku gembira dengan pasar murah yang dilaksanakan oleh Pemprov Gorontalo.

“Saya senang sekali bisa berbelanja di sini, harganya murah dibanding harga di pasar, petugas yang melayani pun ramah-ramah,” ungkap Rusni, salah satu warga yang berbelanja di pasar murah NKRI Peduli. (Hmsprov - Burhan/ Editor: Haris )

Baca 150 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo