>
Selasa, 03 September 2019 10:48

Dinas Pertanian Lancarkan Gerdal Belalang Kembara Yang Migrasi Di Ladang Jagung

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO -  Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo melakukan gerakan pengendalian (Gerdal) terhadap Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) belalang jenis kembara di Desa Hutokalo Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara.

Perang terhadap hama ini dilakukan setelah ditemukan belalang kembara (Locusta migratoria) yang menyerang kawasan ladang jagung dengan potensi 100 ha.

Belalang kembara ini ditemukan sudah berkolompok/gregaria dan menyerang tanaman jagung varietas bisi 18 umur 45-95 hst.

Untuk mengantisipasi bermigrasinya belalang tersebut, Mulyadi Mario, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo langsung menugaskan Tim Brigade Proteksi Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Gorontalo melaksanakan Gerakan Pengendalian terhadap OPT tersebut .

Gerdal OPT Belalang Kembara dilaksanakan sejak Kamis (29/8/2019) melalui bimbingan teknis pengendalian OPT kepada Kelompok Tani Sinar Balabatu yang dipimpin oleh Kepala Seksi Pengamatan dan Peramalan OPT, Salma Tumulo beserta Ketua Brigade Proteksi, Max Ante dan Tim pengendali OPT dari Kabupaten Gorontalo Utara.

“Tujuan dilaksanakannya Gerdal OPT ini agar petani dapat melakukan tindakan pencegahan dan pemberatasan OPT sedini mungkin jika terindikasi wilayah tersebut mulai berkembang OPT belalang, sehingga OPT ini tidak berkembang ke daerah atau wilayah lain,” kata Mulyadi Mario, Selasa (3/9/2019).

Untuk membantu dalam pengendalian OPT, petani juga diberikan sarana seperti pestisida nabati dan handsprayer kepada kelompok tani Sinar Balabatu.

 

Pewarta : Oman Moningka - Dinas Pertanian

Baca 152 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo