>
Minggu, 03 Maret 2019 20:17

Dukung Konservasi, DKP Gorontalo Siap Bangun Rumah Penyu

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO UTARA, DKP – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Gorontalo siap untuk membangun rumah penyu di Desa Dunu Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara. Hal itu untuk mendukung konservasi penyu yang diprakarasi kelompok Sinar Penyu di desa setempat.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Gorontalo Sutrisno saat melakukan kegiatan Penguatan dan Pembinaan Kelompok Konservasi di Dusun III Desa Monano, Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara, Sabtu (2/3/2019).

“Tahun ini akan kami bangun rumah penyu di Desa Dunu. Rumah ini akan kami jadikan pusat informasi penyu, edukasi dan wisata konservasi,” jelas Sutrisno.

Lebih lanjut Sutrisno menjelaskan, sejak tahun 2015 Desa Dunu sudah menjadi salah satu desa yang menjadi tempat konservasi penyu dan sudah dibentuk kelompok konservasi yang bernama “Sinar Penyu”. Namun rumah penangkaran yang di bangun pada tahun 2015 itu msh semi permanen sehingga sudah rusak dan perlu dibangun kembali.

“DKP menganggarkan melalui DAK 2019 senilai Rp140 juta. Rencananya akan dibuat rumah penyu ukuran 6 x 8 meter permanen,” urai Sutrisno.

Rumah penyu diharapkan dapat meningkatkan produktivitas penangkaran telur penyu. Telur ditetaskan dan diambil bibitnya, dirawat serta dilepas ke laut jika sudah berumur 6 bulan.

Kelompok konservasi Sinar Penyu cukup produktif. Tahun 2018 ada 580 ekor penyu yang dirawat hingga dilepas ke laut. (Sumber : DKP - Yanto / Editor: Humas _ Isam)

Baca 113 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo