>
Jumat, 08 April 2016 08:03

Gorontalo Utara Miliki PLTS Berkekuatan 2 MWP

Oleh
Beri rating
(0 suara)
ilustrasi ilustrasi Image: Pixabay

Gorontalo, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, resmi memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 2 Mega Watt Peak (MWp).

Bupati Indra Yasin, Kamis di Gorontalo mengaku bersyukur PLTS berlokasi di Desa Motihelumo Kecamatan Sumalata Timur tersebut telah beroperasi.

PLTS ini adalah yang terbesar kedua di seluruh Indonesia setelah PLTS berkapasitas 5 MWp di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Artinya kata Indra, ada perhatian khusus dari Pemerintah dan pihak PLN bagi Gorontalo Utara untuk mendapatkan pasokan energi listrik memadai yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

PLTS 2 MWp ini dibangun dengan anggaran total Rp60 miliar, diharapkan mampu menyuplai kebutuhan listrik masyarakat di wilayah barat kabupaten ini. Mengingat sebelumnya, masyarakat di wilayah tersebut harus bergiliran mendapatkan suplai energi listrik.

Pemerintah daerah pun telah memprogramkan bantuan sambungan energi listrik gratis ke rumah-rumah penduduk khususnya keluarga tidak mampu sejak tahun 2013.

Targetnya, hingga tahun 2018 nanti seluruh pemukiman tersebar di 11 kecamatan telah menikmati sambungan listrik.

Andi Matawang, warga Kecamatan Ponelo Kepulauan mengaku sangat mengapresiasi program listrik gratis di daerah ini.

Ia mengaku, program tersebut merupakan inovasi pemerintah daerah yang menyentuh langsung masyarakat kurang mampu khususnya di wilayah kepulauan yang sudah lebih dari 40 tahun tidak menikmati penerangan listrik.

" Perputaran ekonomi masyarakat mulai membaik sebab tinggal empat rumah di wilayah ini yang belum menikmati penerangan listrik terkendala sulitnya akses kabel sambungan menjangkau pemukiman tersebut," ujar Andi. (Susanti Sako - Antara News Gorontalo)

Baca 1288 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama