>
Rabu, 27 April 2016 08:12

Gubernur Dukung Pembangunan Galangan Kapal Gorontalo Utara

Oleh
Beri rating
(0 suara)
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin disela-sela HUT Kabupaten Gorut. (foto ist) Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin disela-sela HUT Kabupaten Gorut. (foto ist) Antara News Gorontalo

Gorontalo, Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie menyatakan dukungan pembangunan galangan kapal atau "graffing dock" sekaligus tempat pemeliharaan kapal di Kabupaten Gorontalo Utara.

 

"Peluang bisnis tersebut terbuka lebar untuk Gorontalo Utara, apalagi pemerintah daerah bersedia menyiapkan lahan, bahkan telah menjajal kerja sama dengan pihak PT PAL Indonesia, ditunjang dengan aktivitas perkapalan yang cukup tinggi di wilayah Indonesia Timur," ujar Rusli pada sambutannya di rapat paripurna istimewa DPRD memperingati hari ulang tahun (HUT) kesembilan kabupaten tersebut, Selasa.

 

Setiap bulan menurut data PT PAL Indonesia disampaikan Direkturnya, Ir Firmansyah Arifin, ada 16.500 kapal melakukan aktivitasnya di wilayah Indonesia Timur.

 

Peluang membangun galangan kapal ataupun sarana pemeliharaan kapal merupakan langkah maju dan inovatif dilakukan pemerintah daerah ini.

 

Apalagi pemerintah provinsi berencana kata Rusli, akan menambah jumlah bantuan kapal ikan untuk Gorontalo Utara, sebanyak 50 unit pada tahun 2016 ini.

 

Sehingga ia meyakini, fasilitas tersebut akan sangat bermanfaat pada fokus pengelolaan kemaritiman di kabupaten terbungsu di Provinsi Gorontalo ini, yang memiliki panjang pantai mencapai 317 kilo meter.

 

Bupati Indra Yasin mengaku, sangat mengapresiasi dukungan pemerintah provinsi dan berharap galangan kapal akan direalisasikan tahun 2017 nanti.

 

Menurutnya, ada 21 unit kapal ikan bermesin 30 Gross Ton (GT), ditambah produksi perahu-perahu ikan milik nelayan tradisional bermesin 3-11 GT.

 

Seluruh armada tersebut butuh pemeliharaan, ditambah lagi rencana pemerintah daerah yang akan menambah jumlah kapal ikan berkekuatan 30 GT sehingga minimal ada 78 unit sesuai jumlah desa pesisir yang akan mendorong aktivitas produksi perikanan di daerah ini.

 

Ditunjang dengan Gorontalo Utara sebagai Kota Maritim di poros utara Indonesia, pemerintah daerah meyakini kata Indra, keberadaan galangan kapal di daerah ini akan mampu menunjang aktivitas pengelolaan potensi kelautan dan perikanan. (Susanti Sako - Antara News Gorontalo)

 

Baca 1285 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama