>
Sabtu, 31 Mei 2014 00:00

Harga Cabai Di Gorontalo Masih Tinggi

Oleh
Beri rating
(0 suara)
Harga Cabai Di Gorontalo Masih Tinggi antaranews

Gorontalo, Harga cabai rawit di beberapa pasar tradisional di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, dinilai masih tinggi, yakni mencapai Rp20.000-Rp24.000 per kilo gram.

Hanifa Lihawa, Sabtu, salah satu konsumen di pasar tradisional Molingkapoto, Kecamatan Kwandang, mengatakan, meski turun drastis dari harga sebelumnya Rp35.000 per kilo gram, namun harga cabai rawit masih tinggi.

Idealnya harga cabai rawit berada di kisaran Rp15.000-Rp18.000 per kilo gram seperti harga sekitar dua bulan lalu sebelum naik drastis mencapai Rp85.000 per kilo gram. Ia berharap, harga cabai yang telah menjadi komoditi utama rempah-rempah di daerah ini bisa terjaga hingga bulan Ramadhan nanti. "Sebab biasanya lonjakan harga bahan makanan naik drastis seminggu jelang Ramadhan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) setempat, Muchtar Adam mengatakan, pasokan komoditi rempah-rempah yang rata-rata diambil dari luar kabupaten menyebabkan kenaikan harga bisa saja terjadi sewaktu-waktu sesuai hukum ekonomi. "Permintaan naik, biasanya harga ikut naik," Ujarnya.

Namun pihaknya terus berupaya mengatur jalur distribusi kebutuhan pokok di daerah ini, diantaranya cabai rawit yang memang permintaannya cukup tinggi. Dengan mengoptimalkan pengawasan di tingkat distributor sebab biasanya kenaikan harga terjadi akibat ulah spekulan yang seenaknya menaikkan harga. "Jika jalur distribusinya bisa terpantau maksimal, diharapkan kenaikan harga akan terjadi wajar dan tidak seenaknya," ujarnya.

 

Antara News Gorontalo

Baca 1859 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama