>
Jumat, 25 Oktober 2019 19:58

Kementerian Pertanian Apresiasi Gorontalo Kembangkan Komoditas Olahan Pertanian

Oleh
Beri rating
(0 suara)

ANGREK - Langkah Pemerintah Provinsi Gorontalo melakukan inovasi yang mendorong swasta melakukan ekspor komoditas pertanian mendapat apresiasi dari Kementerian Pertanian.

Apresiasi ini disampaikan pada saat pelepasan ekspor pertanian, tetes tebu (molases) dengan tujuan Filipina dan tepung kelapa tujuan Inggris di Pelabuhan Anggrek, Gorontalo Utara, Kamis  (24/10/2019).

Menteri Pertanian yang diwakili Kepala Balai Besar Uji Standar Karantina Pertanian, Sriyanto, mengatakan, permintaan tetes tebu dari Gorontalo untuk pasar Asia Tenggara mengalami peningkatan.

Kementerian Pertanian menghargai dan mendukung Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam melakukan ekspor tetes tebu dan tepung kelapa ke mancanegara.

“Tetes tebu Gorontalo laris manis, makanya volume ekspornya meningkat,” kata Sriyanto saat pelepasan ekspor komoditas pertanian Provinsi Gorontalo melalui Pelabuhan Anggrek, Gorontalo Utara.

Sriyanto menjelaskan pihaknya mengawal produksi tetes tebu (cane molasses) dan tepung kelapa menjadi produk sektor perkebunan asal Gorontalo untuk keperluan ekspor ke mancanegara.

Pelepasan ekspor ini juga dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba didampingi Kepala Dinas Pertanian, Mulyadi D. Mario, Asisten III Gorontalo Utara, Yosfin Dangkua dan Perwakilan Bank Indonesia Gorontalo.

Dari data sistem otomasi Karantina Pertanian, IQFAST mencatat tren ekspor tetes tebu meningkat dua kali lipat atau sebesar 128 persen.

Ini dibuktikan dengan jumlah volume ekspor pada periode Januari hingga Oktober 2019 tercatat 27,4 ribu ton atau senilai Rp46,1 miliar tujuan Vietnam dan Filipina. Sedangkan pada periode 2018 kata Sriyanto, sebanyak 12 ribu ton atau setara dengan Rp26,9 miliar, diekspor ke Vietnam.

 

Pewarta : Oman PPID - Distan

Baca 263 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama