>
Rabu, 20 April 2016 08:30

Lahan Padi Sawah Gorontalo Utara Diasuransikan

Oleh
Beri rating
(0 suara)
ilustrasi ilustrasi blog.hiola.id

Gorontalo, Dinas Pertanian Gorontalo Utara menyebutkan sebanyak 14.000 hektare lahan padi sawah di Kabupaten Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo masuk program asuransi melalui anggaran APBN Kementerian Pertanian RI tahun 2016.

 

Kepala Dinas Pertanian Gorontalo Utara Idrus Labantu, di Gorontalo, Selasa, mengatakan bahwa pihaknya mulai menyosialisasikan program asuransi tersebut kepada seluruh petani yang dihadiri unsur koramil dan pemerintah kecamatan.

 

Sebanyak 336 peserta yang tergabung dalam kelompok tani/gabungan kelompok tani dan penerima bantuan pemerintah hadir pada workshop kegiatan sarana dan prasarana pertanian di aula kantor bupati setempat.

 

Pemateri workshop dari unsur Kejaksaan Negeri dan pihak Jasindo yang akan memberikan petunjuk tentang perlindungan kepada petani jika terjadi gagal panen akibat risiko terkena banjir, kekeringan dan serangan organisme pengganggu tanaman (OPT).

 

Petani hanya tinggal membayar Rp36 ribu per bulan melalui sistem asuransi. Jika padi sawah mereka mengalami puso atau mati akibat risiko-risiko tersebut, maka akan diganti oleh pemerintah.

 

Pada workshop tersebut, pihaknya kata Idrus memberikan petunjuk tentang mekanisme peminjaman brigade alat mesin pertanian (alsintan) serta petunjuk pemanfaatan dana belanja bantuan penerima kepada penerima bantuan.

 

Pihaknya bekerjasama dengan Badan Penyuluh Kabupaten juga berupaya menghilangkan kerugian akibat risiko-risiko tersebut meskipun telah ada pertanggungan asuransi.

 

Menurutnya, gagal panen sangat berpengaruh pada capaian target produksi pertanian di daerah ini yang akan mengganggu musim tanam yang diharapkan berkelanjutan.

 

Tahun ini, program asuransi tersebut dikhususkan untuk padi sawah, namun pemerintah daerah berupaya agar program ini meningkat untuk jagung dan tanaman perkebunan potensial di daerah ini. (Susanti Sako - Antara News Gorontalo)

 

Baca 1413 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama