>
Senin, 22 Oktober 2018 08:28

Masyarakat Tolinggula Didorong Punya Penghasilan Sendiri

Oleh
Beri rating
(0 suara)

KAB. GORONTALO UTARA, Humas – Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (LPP) Sweet Media dibawah binaan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah, terus mendorong masyarakat Gorontalo khususnya kaum perempuan dalam hal ini ibu ibu rumah tangga untuk bisa menghasilkan sebuah keterampilan. Hal ini terlihat saat Idah dan tim dari (LPP) Sweet Media, turun langsung mengajari dan memberikan pelatihan pada masyarakat perempuan yang ada di desa Tolinggula Pantai, Kec. Tolinggula, Kab. Gorontalo Utara, Minggu, (21/10/2018)
Dalam kesempatan tersebut ibu-ibu rumah tangga yang ada di Tolinggula Pantai, diajari cara bagaimana membuat kerajinan tangan dari karung beras menjadi sebuah keset kaki. Idah menilai kerajinan tangan keset kaki ini adalah tahap awal melatih keterampilan ibu ibu, sebelum maju untuk berlatih keterampilan yang lebih bagus lagi.

Awalnya ibu ibu kita latih yang seperti ini dulu. Ini memang paling mudah tapi penghasilannya lumayan. Hanya dengan modal 10 ribu saja kita bisa membuat kerajinan tangan yang indah. Bahan-bahan bekas sepeti karung beras 10 kilo, kemudian ada benang, jarum, sisa-sisa pakaian tiras, kita ukir jadi indah. Ini kalau kita pasarkan harga keset yang bagus kaya gini bisa sampai 60 ribu perbuah,” kata Idah
Mantan Ketua TP. PKK Kab. Gorontalo Utara ini pun menambahkan kegiatan pelatihan seperti ini juga sudah dilakukan sebelumnya di beberapa desa dan kecamatan yang ada di Provinsi Gorontalo. Dimana ibu-ibu ini telah dibagi perkelompok binaan di tiap tiap desa atau kecamatan se Kab/Kota.
Hasilnya sudah banyak ibu ibu rumah tangga yang sebelumnya tidak memiliki keterampilan, dengan usaha sendiri dan bantuan dari LPP sweet media akhirnya sudah bisa mempunyai penghasilan sendiri dari keterampilan yang diajarkan,

Selain ibu ibu rumah tangga kami juga mengajak anak anak perempuan baik yang sudah putus sekolah ataupun yang telah menamatkan sekolahnya tapi belum mempunyai pekerjaan, di LPP sweet media kami membuka kursus pelatihan bagaimana menjadi MC dan penyiar untuk adik adik sekalian,” tandasnya.

LPP Sweet Media adalah sebuah lembaga pendidikan dan pelatihan yang berpengalaman dalam pemberdayaan masyarakat. LPP ini telah memiliki banyak jaringan di beberapa daerah se Indonesia.(Hmsprov-Echin).

 

Baca 203 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama