>
Rabu, 23 Maret 2016 11:51

Pemkab Gorontalo Utara Bangun Pemukiman Transmigrasi

Oleh
Beri rating
(4 suara)

Gorontalo, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, akan membangun pemukiman transmigrasi pada tahun 2016 senilai Rp4,4 miliar.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Gorontalo Utara, Thamrin Yusuf, Selasa mengatakan, pemukiman tersebut rencananya dibangun di Desa Motihelumo, Kecamatan Sumalata Timur melalui anggaran Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi.

Rencananya, pembangunan tahap pertama pemukiman ini akan ditempati 50 Kepala Keluarga dan harus rampung tahun ini juga.

Kesiapan lokasi telah ditinjau langsung Dirjen Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Permukiman Transmigrasi Kementerian PDT dan Transmigrasi.

Sekaligus melakukan pertemuan langsung dengan masyarakat setempat, agar mereka siap menerima pemukiman baru yang disiapkan pemerintah untuk mendorong kegiatan ekonomi produktif dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Warga berharap kata Thamrin, pembangunan rumah bisa mencapai 150 unit hingga tahun 2017 nanti.

Anggaran yang dikucurkan cukup besar, sehingga selain rumah diharapkan pemukiman tersebut memiliki sarana dan prasarana memadai, seperti fasilitas air bersih, rumah ibadah dan akses jalan.

Pemerintah daerah memprioritaskan pemukiman bagi warga produktif yang tingkat penghidupannya berada dibawah garis kemiskinan, agar mereka bisa diberdayakan melalui berbagai intervensi di sektor riil sesuai potensi lokal yang ada.

Seperti pengembangan ternak sapi produktif, areal persawahan organik serta kerajinan tangan khas Sumalata Timur mengandalkan sumber daya alam yang dimiliki.(Susanti Sako - Antara News Gorontalo

Baca 3520 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama