>
Selasa, 22 November 2016 07:56

Pemkab Gorontalo Utara Dorong Peningkatan Budidaya Kerapu

Oleh
Beri rating
(0 suara)
Ilustrasi Ilustrasi

Gorontalo, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mendorong peningkatan budidaya perikanan khusus ikan kerapu, yang memiliki beberapa jenis di perairan ini.

Hal itu diungkap Wakil Bupati Roni Imran, Senin di Gorontalo terkait upaya pemkab mendorong peningkatan produksi perikanan tangkap dan budidaya.

Dia mengatakan, beberapa kali melakukan kunjungan di daerah-daerah yang berhasil membudidayakan ikan kerapu, di antaranya Ambon, Provinsi Maluku.

Hal itu dilakukan agar instansi teknis terkait khususnya Dinas Kelautan dan Perikanan serta kelompok nelayan pembudidaya memperoleh banyak tambahan ilmu pengetahuan tentang budidaya ikan kerapu yang permintaannya sangat tinggi baik di tingkat lokal, nasional bahkan dunia.

Negara-negara Arab saja sudah melakukan permintaan ikan kerapu dari kabupaten ini.

Paling banyak permintaan ikan kerapu merah atau sunu. Jika di tingkat nelayan, harga ikan kualitas ekspor tersebut berada di kisaran Rp75 ribu/kilo gram dengan potensi pasarnya mencapai Rp300 ribu/kilo gram.

Maka peluang itu harus ditangkap dengan baik, dalam rangka menaikkan pendapatan daerah di sektor unggulan tersebut, yang akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan nelayan tangkap maupun budidaya.

"Jika budidaya ikan kerapu diseriusi, maka peningkatan produksi setiap tahun diprediksi meningkat seiring pengetahuan yang cukup dimiliki para nelayan pembudidaya kerambah laut yang banyak tersebar di wilayah Kecamatan Ponelo Kepulauan, Kecamatan Gentuma, Kwandang dan Sumalata Timur," ujar Wakil Bupati.

Data Dinas Kelautan dan Perikanan setempat tahun 2015, produksi ikan kerapu di wilayah ini belum signifikan. Seperti ikan kerapu mencapai 81,5 ton/tahun, ikan kerapu lumpur 31,5 ton/tahun dan kerapu merah atau Sunu 35,5 ton/tahun.

Peringatan Hari Ikan Nasional tahun ini kata Wakil Bupati, diharapkan semakin memotivasi pemkab untuk menaikkan produksi perikanan lokal yang akan bermuara pada pengembangan industri perikanan di wilayah ini.

Disamping upaya peningkatan produksi ikan segar, pemkab pun sedang berupaya mengajak investor yang akan membangun fasilitas alat pendingin "cool storage" di pelabuhan pendaratan ikan Gentuma maupun Sumalata. (Susanti Sako - Antara News Gorontalo)

Baca 46696 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama