>
Selasa, 10 Mei 2016 09:01

Pemkab Gorut Dukung Pelestarian Areal Laut

Oleh
Beri rating
(0 suara)
Wabup Roni Imran bersama Miss Scuba Indonesia 2015 dan manajer pengelola objek wisata Oile serta pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gorontalo Utara Wabup Roni Imran bersama Miss Scuba Indonesia 2015 dan manajer pengelola objek wisata Oile serta pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gorontalo Utara Antara News Gorontalo

Gorontalo, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara akan mendukung upaya pelestarian areal laut di perairan tersebut.

Hal itu diungkap Wakil Bupati Roni Imran, Senin di Gorontalo, pada pertemuannya dengan Miss Scuba Indonesia 2015, Nadhila Dhina Sabrina yang datang menyelam di perairan Gorontalo Utara, diantaranya pantai Oile di Kecamatan Tomilito.

"Pemerintah daerah akan mendukung, saat Miss Scuba melontarkan kritikannya terkait kurangnya kesadaran dalam mengelola sampah hingga masuk ke wilayah pantai. Ini adalah upaya positif dalam mendukung kelestarian perairan ini," ujar Roni.

Kunjungan Miss Scuba tersebut diakuinya sangat menginspirasi pemerintah daerah untuk secepatnya menerbitkan regulasi tentang upaya mendukung terbentuknya kawasan areal perlindungan laut.

Termasuk pengelolaan sampah, agar tidak ada warga yang membuang sampah sembarangan sehingga berdampak pada pencemaran lingkungan khususnya wilayah perairan yang dapat mengancam kelangsungan ekosistem laut.

Hal tersebut akan dikoordinasikan dengan para camat dan kepala desa, agar pemerintah di tingkatan tersebut mampu menjaga dan memantau warganya untuk turut mencintai laut dengan menjaga lingkungan.

"Tidak buang sampah dan tidak membom ikan sebab tidak hanya akan menghancurkan batu karang namun mengancam kelangsungan ikan-ikan yang speciesnya hanya ada di Gorontalo Utara," ujar Roni.

Penghujung Mei nanti, Roni berencana akan melakukan penyelaman dengan Miss Scuba dan timnya di seluruh perairan tersebut, termasuk mengunjungi 52 pulau yang ada di Gorontalo Utara.

Sasarannya kata ia, adalah mengenal lebih dekat pulau-pulau cantik di wilayah ini, agar bisa dipromosikan ke tingkat nasional dan dunia, untuk mendukung rencana pemerintah daerah dalam pengelolaan investasi wisata bahari mengandalkan keberadaan pulau-pulau tersebut. (Susanti Sako - Antara News Gorontalo)

Baca 45440 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama