>
Minggu, 26 Mei 2019 10:51

Petani Tolinggula Gembira Karena Segera Nikmati Saluran Irigasi

Oleh
Beri rating
(0 suara)
Kepala Bidang SDA Dinas PUPR Provinsi Gorontalo Romen S Lantu (ketiga dari kanan) saat memimpin rapat sosialisasi pekerjaan saluran irigasi di kantor desa Ilotunggula, Sabtu (25/05/2019). Foto Erna Kepala Bidang SDA Dinas PUPR Provinsi Gorontalo Romen S Lantu (ketiga dari kanan) saat memimpin rapat sosialisasi pekerjaan saluran irigasi di kantor desa Ilotunggula, Sabtu (25/05/2019). Foto Erna

KWANDANG – Petani di Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara segera menikmati saluran irigasi yang mengaliri sawah-sawah mereka.

Kepastian ini terungkap pada sosialisasi pembangunan saluran irigasi yang digelar di Desa Ilotunggula, Tolinggula, Sabtu (25/05/2019).

Sosialisasi ini dilaksanakan oleh Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo.

Pada sosialisasi ini diberitakukan kepada para petani bahwa saluran irigasi ini akan melintasi sawah mereka. Mereka bisa melihat langsung pekerjaan ini.

“Dengan mengadakan sosialisasi petani akan mengetahui pekerjaan kami yang nantinya akan bermanfaat bagi mereka, terutama dalam meningkatkan produksi pertanian. Para petani juga akan memahami ada sistem buka-tutup aliran air selama pekerjaan berlangsung, tapi ini hanya sementara,” kata Romen S Lantu, Kepala Bidang SDA Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo.

Romen S Lantu yang pernah menjabat Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pohuwato ini juga menjelaskan, pekerjaan saluran irigasi membutuhkan kerja sama dengan petani, terutama dalam menerapkan sistem buka-tutup saluran air.

“Kami sudah sepakati penerapan sistem 10-7 buka tutup, 10 hari saluran air lama ditutup karena pekerjaan dan 7 hari dibuka untuk dimanfaatkan petani,”papar Romen S Lantu.

Pembangunan saluran irigasi Tolinggula ini bertujuan untuk mengelola air, menghindari bajir saat musim hujan, dan airnya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan petani di 3 desa di Kecamatan Tolinggula yang memiliki luas 150 hektare.

Panjang saluran irigasi yang dibangun adalah 1,2 km, lebar 1 meter serta lama waktu pekerjaan 7 bulan. Proyek ini menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar lebih dari Rp2 miliar.

Para petani yang hadir dalam sosialisasi ini menyambut gembira, mereka bersyukur ada pembangunan irigasi di daerahnya. Irigasi ini diharapkan akan meningkatkan produksi pertanian mereka.

Dalam sosialisasi ini juga dihadiri Camat Tolinggula, Kepala Desa, Kontraktor, serta petani.

 

Pewarta : Yudi - PUPR

Baca 84 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo