>
Kamis, 22 Agustus 2019 00:07

Dinas Kumperindag Gelar Pasar Lelang Komoditas Agro

Oleh
Beri rating
(0 suara)

LIMBOTO – Komoditas unggulan pertanian dan perkebunan Provinsi Gorontalo harus mampu menembus pasar dan menjadi kebanggaan masyarakat.

Untuk itu diperlukan instrumen yang menyederhanakan mata rantai perdagangan agar mampu bersaing dengan komoditas serupa dari daerah lain. Instrumen ini adalah pasar lelang.

Pasar lelang di Provinsi Gorontalo saat ini sedang berjalan di Hotel Aziziyah, Limboto, Kabupaten Gorontalo, yang dibuka oleh Sujono Antule, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Kumperindag) Provinsi Gorontalo, Rabu (21/78/2019).

"Untuk mensukseskan program pembangunan nasional, khususnya program pengembangan institusi pasar yang berkaitan dengan upaya meningkatkan pemasaran, daya saing, pendapatan petani dan ketahanan pangan, telah mengembangkan pasar lelang komoditas agro, baik Pasar Lelang Spot (penyerahan segera setelah transaksi) maupun Pasar Lelang Forward (penyerahan kemudian), yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia,” Kata Sujono Antule.

Pasar lelang ini bertujuan mempertemukan secara langsung antara petani/kelompok tani, pedagang pengumpul, dengan pedagang besar, sekaligus membuka akses dan meningkatkan posisi tawar petani agar pendapatan dan kesejahteraan petani meningkat.

“Peserta yang hadir berjumlah 30 orang. Mereka berlatar belakang sebagai petani, pedagang pengumpul, pelaku usaha, BUMN, dan instansi terkait. Komoditas yang dibawa antara lain beras, cengkeh, cabe rawit, bawang, jagung, minyak kelapa kampung, dan Virgin Coconut Oil (VCO),” ujar Sujono Antule.

Dalam pasar lelang ini belum terjadi kesepakatan transaksi, namun tujuan pasar lelang berhasil dicapai. Diharapkan kedepannya akan semakin banyak pihak petani/kelompok tani dan pelaku usaha dapat memanfaatkan pasar lelang ini.

 

Pewarta : Ramli Mohune – Dinas Kumperidag

Baca 150 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo