>
Senin, 13 Juli 2020 06:33

Gelar Pangan Murah (GPM) Diserbu Masyarakat Kecamatan Bilato

Oleh
Beri rating
(0 suara)

 

GORONTALO -  Bahan pangan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, namun ada kalanya ketersediaan dan harganya tidak stabil sehingga menyulitkan masyarakat untuk memenuhinya.

Untuk itu di diperlukan pasokan dan stabilisasi harga pangan yang terjangkau oleh semua lapisan masyarakat di wilayah Provinsi Gorontalo.

Dinas Pangan Provinsi Gorontalo melalui Toko Tani Indonesia Center, Mitra Tani Gorontalo bersama dengan Bulog Sub-Drive Gorontalo menyelenggarakan Gelar Pangan Murah (GPM) di 3 desa, Pelehu, Taula dan Desa Ilomata Kecamatan Bilato kabupaten Gorontalo, Jumat (10/7/2020).

Gelar pangan murah ini program Kementerian Pertanian yang merupakan pengamanan pasokan dan harga pangan bertujuan mengatasi gejolak pasokan komoditas pangan strategis, mengatasi inflasi untuk komodotas volatile food.

Volatile food bisa diakibatkan oleh gagal panen dan bencana alam, kondisi ini berkaitan dengan ketahanan pangan masyarakat.

Suatu komoditas pangan mengalami gagal panen, kemungkinan besar akan ada gejolak harga di pasar. Begitu pun juga ketika suatu komoditas panen berlimpah hal itu juga berpengaruh pada stabilitas harga pasar.

“Demikian juga di masa pandemi Covid-19 saat ini, makanya kamimelaksanakn Gelar Pangan Murah,” kata Sutrisno, Kepala Dinas Pangan Provinsi Gorontalo.

Sutrisno menjelaskan GPM ini terus-menerus dilaksanakan minimal seminggu sekali, apalagi ada beberapa komoditi pangan di daerah rawan pangan dan terpencil masih tinggi seperti gula pasir lokal yang di jual di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp15.000/kg maka pemerintah segera melakukan intervensi dengan GPM yang menyediakan komoditas pangan dengan harga yang jauh di bawah.

GPM disambut masyarakat di 3 desa tersebut sangat antusias, mereka berbondong bondong berbelanja menggunakan payung meskipun di guyur hujan.

Kepala Desa Pelehu, Iran Jusuf menuturkan pemerintah desa sangat berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas pangan dan segenap jajarannya dengan mitranya telah melaksanakan GPM di desanya.

“Kami berterima kasih kepada Gubernur Gorontalo, Bapak Rusli Habibie yang telah menggelar GPM ini, ini sangat membantu masyarakat pesisir untuk mengakses pangan murah dan berkualitas,” kata Iran Jusuf.

Ia berharap GPM jangan hanya sekali ini saja namun harus sering dilakukan karena berapa komoditas pangan harganya masih cukup tinggi. Ia juga menilai harga bahan pangan pokok belum cukup stabil dengan adanya pandemi Covid-19 ini.

Jenis komoditas pangan yang di jual dalam GPM ini, dari Toko Tani Indonesia Center/Pasar Mitra Tani beras medium Rp8800/kg, minyak goreng kemasan Rp12.500/liter, Rp25.000/2 liter, telur ayam ras Rp45000/bak, bawang merah Rp34.000/kg bawang putih Rp20.000/kg.

Dari Bulog Sub Drive Gorontalo berupa beras medium Rp45000/5 kg, minyak goreng Rp12.500/liter gula pasir lokal Rp12.500/kg.

Hadir dalam kegiatan ini kepala Bulog Sub Drive Gorontalo Munafri,Kepala Seksi Harga Pangan Rahmanto Latief, Manager TTIC/Pasar Mitra Tani Yamin Rahim. Dinas Pangan dan Kepala Desa Pelehu, Talau dan Desa Ilomata, Babinkamtibmas dan Kecamatan Bilato Kabupaten Gorontalo.

 

Pewarta : Hariman – Dinas Pangan

Baca 85 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama