>
Jumat, 30 Agustus 2019 06:40

Inilah Cara Petani Meminjam Alat Pertanian Pada Brigade Alsintan

Oleh
Beri rating
(0 suara)

LIMBOTO  - Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian Kementerian Pertanian, Leli Nuryati, didampingi Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Mulyadi Mario melakukan kunjungan ke Brigade Alat Mesin Pertanian (Alsintan) Gorontalo di Kabupaten Gorontalo pada Rabu (28/8/2019).

Kunjungan ini untuk melihat Alsintan yang dikelola Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Terbentuknya Brigade Alsintan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, penguasaan alat lebih dominan ke perseorangan, tidak tersedianya biaya pemeliharaan, pendeknya umur guna alsintan, mahalnya biaya sewa Alsintan, serta tidak berfungsinya mekanisme Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA).

Terbentuknya Brigade Alsintan ini akan memudahkan para petani menggarap lahannya dan meningkatkan pelayanan Pemerintah Provinsi Gorontalo hingga ke pelosok. Agar manfaat ini lebih efektif, Dinas Pertanian menetapkan standar baku pelayanan atau Standard Operating Procedure (SOP).

“SOP pelayanan Alsintan untuk petani yang ingin melakukan peminjaman Alsintan tersebut adalah petani atau kelompok tani mengajukan permohonan peminjaman ditujukan kepada Kepala Dinas Kabupaten/Kota yang ditandatangani oleh ketua kelompok, penyuluh dan Kepala Desa/Lurah dengan mencantumkan nomor telfon/HP peminjam,” kata Mulyadi Mario, Kamis (29/8/2019).

Dinas pertanian Kabupaten/Kota akan melakukan verifikasi terhadap permohonan yang diajukan petani/kelompok, dari hasil verifikasi tersebut, Dinas Pertanian Kabupaten/Kota mengeluarkan rekomendasi kelayakan serta menugaskan atau menginstruksikan kepada Brigade yang membawahi wilayah tersebut atau rayon/ Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan  (BP3K) terdekat untuk melakukan pelayanan.

BP3K diharuskan melakukan pencatatan atau pembukuan peminjaman dan pengembalian maupun luasan lahan operasional Alsintan dari petani/kelompok tani.

Jika Brigade/Rayon kabupaten/kota tidak tersedia Alsintan untuk melakukan pelayanan, maka Dinas Pertanian kabupaten/kota merekomendasikan peminjaman Alsintan ke Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo.

Setelah Dinas Pertanian Gorontalo menerima rekomendasi dari Dinas Pertanian Kabupaten/Kota maka Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo melalui Brigade Alsintan terlebih dahulu melakukan verifikasi lapangan untuk melakukan pelayanan kepada petani/kelompok tani.

“Batas waktu peminjaman Alsintan tergantung luas lahan yang akan diolah dan disesuaikan pula dengan kapasitas Alsintan yang akan beroperasi,” ujar Mulyadi Mario.

Apabila petani/kelompok tani yang menggunakan jasa layanan alsintan tidak sesuai dengan permohonan pemanfaatan dan jangka waktu peminjaman, maka akan dilakukan penarikan Alsintan. Permohonan perpanjangan waktu hanya 1 kali.

Jenis Alsintan yang tersedia di Brigade ini terdiri dari beberapa jenis yaitu, traktor roda dua 186 unit, traktor roda empat 45 unit, Rice Transplanter 22 unit, Seedling Tray 10.750 unit, Pompa Air 285 unit, Cultivator 55 unit, Power Weder 3 unit, Viar 1 unit, Escavator 2 unit, Power Sprayer 30 unit, Hand Sprayer 40 unit, Alat Tanam Jagung/Kedelai 102 unit.

 

Pewarta : Oman – Dinas Pertanian

Baca 227 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo