>
Jumat, 30 Agustus 2019 07:04

Kementerian Pertanian Apresiasi Layanan Brigade Alsintan yang Bebas Biaya

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO - Kementerian Pertanian mengapresiasi peran Brigade Alsintan sebagai pengelola dan pengendali distribusi pemanfaatan alat mesin pertanian, sehingga petani dapat memanfaatkannya dengan sistem pinjaman untuk meningkatkan produksi pertanian mendukung program Upaya Khusus Padi Jagung dan Kedelai (Upsus Pajale) di Provinsi Gorontalo. 

Hal ini disampaikan oleh Penanggung Jawab Upsus Kementerian Pertanian, Leli Nuryati dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Gorontalo saat meninjau Brigade Alsintan didampingi Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Muljadi D Mario, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), Awaludin Hippi dan Kepala Bidang Program dan Evaluasi, Riza Fakhrizal, Rabu (28/8 2019).

“Kami memberikan apresiasi kepada Brigade Alsintan yang dikelola Dinas Pertanian dan siapa pun boleh meminjan Alsintan tersebut baik perorangan maupun kelompok tanpa dipungut bayaran,“ kata Leli Nuryati yang juga menjabat Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Kementerian Pertaian.

Menurutnya, siapa saja boleh meminjam alsintan dari Brigade Alsintan meskipun tanpa biaya, tentunya dengan memenuhi ketentuan yang berlaku dengan mengajukan permohon peminjaman alsintan kepada Brigade Alsintan.

Kepala Dinas Pertanian Menyampaikan bahwa jika alsintan diserahkan langsung ke petani maka penguasaan alat di dominasi oleh perorangan, mahalnya biaya sewa alsintan, dan jika terjadi kerusakan petani tidak bisa melakukan perbaikan karena terbatasnya biaya pemeliharaan mengakibatkan pendeknya umur guna alsintan, terlebih lagi tidak berfungsinya mekanisme Unit Pengelola Jasa Alsintan (UPJA). 

“Petani merasa kesulitan saat terjadi kerusakan apa alsintan yang membutuhkan perbaikan cukup banyak apalagi jika sparepartnya harus dipesan dari luar negeri, akibatnya datangnya lama,” kata Kepala Bidang PSP Dinas Pertanian, Nurbaya Gani.

Leli Nuryati mengharapkan Brigade Alsintan Provinsi Gorontalo dapat meningkatkan perannya dalam membantu dan memberikan pelayanan Alsintan kepada petani untuk mendukung tercapainya peningkatnya produksi.

Selain itu, Leli mengharapkan petani memiliki kemauan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilannya dalam operasional Alsintan, bila perlu dapat memperbaiki yang rusak

 

Pewarta : Oman – Dinas Pertanian

Baca 311 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo