>
Selasa, 15 Oktober 2019 07:46

Pemerintah Mulai Salurkan Bantuan Ke Petani Yang Gagal Panen Akibat Kemarau

Oleh
Beri rating
(0 suara)
 Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi istri Idah Syahidah (tengah) berfoto bersama masyarakat penerima bantuan bibit Padi, Jagung dan Motor Bercoolbox pada pelaksanaan Bakti Sosial dan NKRI Peduli yang dilaksanakan di Kelurahan Kayubulan, Kecamatan Limboto, Kabupaten  Gorontalo. (Foto Salman) Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi istri Idah Syahidah (tengah) berfoto bersama masyarakat penerima bantuan bibit Padi, Jagung dan Motor Bercoolbox pada pelaksanaan Bakti Sosial dan NKRI Peduli yang dilaksanakan di Kelurahan Kayubulan, Kecamatan Limboto, Kabupaten  Gorontalo. (Foto Salman)

LIMBOTO – Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Pertanian mulai menyalurkan bantuan benih padi dan jagung kepada para petani yang gagal panen akibat bencana kekeringan.

Bantuan awal ini diberikan kepada petani di Kabupaten Gorontalo yang 359 hektare sawahnya rusak akibat kekeringan.

“Anggaran bantuan dari APBD Provinsi Gorontalo senilai Rp89 juta. Khusus untuk Kecamatan Limboto lahan yang rusak ada 160 Ha, dengan nilai Rp40 Juta,” kata Risjon Sunge, Kepala Dinas Sosial Provinsi Gorontalo, pada pelaksanaan Bakti Sosial dan NKRI Peduli yang dilaksanakan di Kelurahan Kayubulan, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Senin (14/10/2019).

Untuk kabupaten/kota lainnya yang melaporkan adanya lahan rusak akibat kekeringan, menurut Mulyadi Mario, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo akan ditinjau kembali apakah benar-benar rusak akibat kekeringan atau ada hal lainnya.

Sementara itu Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie yang hadir dan menyerahkan langsung bantuan tersebut menyampaikan seluruh bantuan yang diserahkan merupakan intruksi Presiden Joko Widodo. Ia berharap bantuan seperti pasar murah dan NKRI peduli ini harusnya diikuti oleh pemerintah kabupaten/kota, tidak hanya pemerintah provinsi.

“Padahal dari dulu saya harapkan kegiatan pasar murah ini bisa ditiru oleh bupati dan walikota.  Kan bagus, kita bersinergi untuk membantu rakyat.  Ada yang SMS ke saya, pak gub tolong pasar murah seperti ini jangan sampai dihentikan, dan saya pastikan hingga akhir masa jabatan saya tahun 2022 pasar murah ini akan terus ada,” kata Rusli Habibie.

Selain menyerahkan bantuan berupa benih padi, khusus Kabupaten Limboto juga diserahkan bantuan benih jagung untuk 4 lahan yang terkena kekeringan seluas 5 hektare, dengan nilai Rp3,7 juta.  Ada pula bantuan dari Dinas Pertanian berupa 16 unit motor bercoolbox senilai Rp325 juta

Pada pelaksanaan pasar murah tesebut, Pemerintah Provinsi Gorontalo juga menjual 7 bahan pokok dengan harga murah. Semuanya cukup ditebus dengan harga Rp55 ribu.

 

Pewarta : Ecin - Humas

Baca 147 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama