>
Jumat, 22 Maret 2019 20:26

Pemprov Gorontalo Gelar HUT Damkar, Satpol PP, dan Linmas Tahun 2019

Oleh
Beri rating
(0 suara)

KABUPATEN GORONTALO, Humas – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran (Damkar) ke-100, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-69, dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) ke-57. Upacara berlangsung di lapangan Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo, Jumat (22/3/2019), dengan inspektur upacara Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim.

“Peringatan ulang tahun ini tidak hanya dijadikan forum untuk mengenang masa lalu. Lebih dari itu, peringatan ini sebagai sarana untuk meneruskan semangat juang, dedikasi dan pengabdian aparatur dalam melindungi masyarakat dan terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakata,” kata Wagub Idris Rahim saat membacakan sambutan tertulis Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia.

Lebih lanjut dalam sambutannya Mendagri mengatakan, Damkar, Satpol PP, dan Linmas bukan hanya penjaga kota yang bertindak pasif, tetapi lebih dari itu harus berperan aktif dalam proses pembangunan, melindungi hasil pembangunan, dan memberikan perlindungan kepada masyarakat.

Menurutnya, peran penting Damkan, Satpol PP, dan Linmas tercermin dari tugas dan tanggungjawabnya. Tugas Damkar adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan, dan penanganan kebakaran, melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran, serta memberdayakan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran. Satpol PP bertugas untuk menegakkan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman, serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat. Sedangkan Linmas memiliki tugas untuk penanganan bencana, ikut memelihara ketertiban masyarakat, membantu penanganan ketenteraman, ketertiban, dan keamanan dalam penyelenggaraaan pemilu, serta membantu upaya pertahanan negara.

“Pelaksanaan tugas Damkar, Satpol PP, dan Linmas bermuara pada tujuan akhir yaitu peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tutur Wagub Idris Rahim.

Peserta upacara terdiri dari Satuan Damkar, Satpol PP, dan Linmas kabupaten/kota se Provinsi Gorontalo, serta unsur TNI, Polri, Basarnas, dan Taruna Siaga Bencana. Bertindak sebagai perwira upacara, Marten Suleman, selaku Kepala Seksi Ketenteraman dan Ketertiban pada Dinas Satpol PP, Linmas, dan Damkar Provinsi Gorontalo. Komandan upacara, Mahmud Rizal Daipaha, yang sehari-hari bertugas sebagai Kepala Seksi Pemadam Kebakaran Provinsi Gorontalo.

Upacara peringatan HUT Damkar, Satpol PP, dan Linmas diakhiri dengan pemusnahan 543 botol minuman keras hasil sitaan Dinas Satpol PP, Linmas, dan Damkar Provinsi Gorontalo. (Hmsprov - Haris)

Baca 209 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama