>
Senin, 21 Oktober 2019 07:55

Rehabilitasi Hutan Dan Lahan Untuk Menyejahterakan Masyarakat

Oleh
Beri rating
(0 suara)

TALAGA - Ketua DPRD Provinsi Gorontalo menggelar pertemuan dengan masyarakat Desa Dulamayo Utara Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo.

Pertemuan tersebut dipimpin Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Kepala Balai Pengelola Daerah AliranSungai (DAS) Provinsi Gorontalo, Pemerintah Desa Dulamayo Utara serta masyarakat.

Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Paris RA Jusufmengatakan program Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) adalah program nasional.  Di Desa Dulamayo Utara terdapat program RHL seluas 800 hektar, lokasi penanaman berada di dalam kawasan hutan.

“Program ini diprioritaskan untuk tanaman buah buahan 70 persen dan 30 persen kayu, tentunya harus mengurus izin pengelolaan selama 35 tahun dan tidak menjadi hak kepemilikan, dan setiap 35 tahun diperpanjang dan bisa diwariskan pada pengelolaan keluarga,” kata Paris Jusuf, Senin (21/01/2019).

Tanaman aren, jambu mete, hingga rambutan jika berbuah dapat dinikmati masyarakat. Paris Jusuf berharap program di Desa Dulamayo ini menjadi suatu proyek percontohan untuk menyejahterakan masyarakat dan bukan untuk mengambil alih lahan masyarakat.

“Mari kita menjaga kawasan hutan, posisi Desa Dulamayo berada di atas bukit yang harus dijaga kualitas hutan dan kawasannya. Program RHL ini memperbaiki kondisi dengan menanam kayu dan buah-buahan, dan dapat dilanjutkan dengan pola perhutanan sosial menjadi Hutan Desa,” ujar Paris Jusuf.

Ia menjelaskan, 17 ribu kawasan hutan yang sudah diberi izin kelola ke masyarakat se-Provinsi Gorontalo, sehingga aspek legalitas sudah dapat dimanfaatkan. Dengan target 40 ribu di Gorontalo ke depan untuk lebih berkesinambungan.

Percepatan izin perhutanan sosial ini, melalui kepala BPDAS dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan segera menerbitkan izin sehingga akan berdampak pada percepatan izin pembangunan jalan akses pertanian.

 

Pewarta : Hengki - Sekretariat DPRD

Baca 168 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo