>
Kamis, 05 Maret 2020 22:15

Sukses Bantu Warga Posko Bantuan Darurat Bencana Banjir Ditutup

Oleh
Beri rating
(0 suara)

BOLIYOHUTO  -  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Gorontalo menutup posko bersama bantuan darurat bencana banjir di Kecamatan Boliohuto, Kamis (5/3/2020).

Tim Penanganan Darurat Bencana Banjir di kecamatan ini telah melaksanakan tugas memberi bantuan kepada korban bencana banjir di Desa Diloniyohu, Tolite dan Bongo Ngoayu, Kabupaten Gorontalo sejak Senin-Kamis (2-5/3/2020).

“Selama membuka posko, kami telah banyak melakukan kegiatan antara lain membantu evakuasi dan penyelamatan masyarakat,  menyalurkan bantuan makanan siap saji kepada korban dengan mendistribusikan langsung 4.280 bungkus per hari,” kata Sumarwoto, Kepala BPBD Provinsi Gorontalo.

Selain itu di posko ini juga memberi bantuan makanan kepada 821 Kepala Keluarga (KK) atau 2.526 jiwa yang menjadi korban banjir.  Mereka tersebar di beberapa kawasan yang direndam air, banyak peralatan rumah tangga yang tidak bisa difungsikan, termasuk kehilangan harta benda sehingga perlu penanganan darurat seperti pemberian makanan siap saji.

“Kami juga pembersihan fasilitas umum berupa gedung-gedung sekolah SMA, SD,  masjid dan beberapa rumah  masyarakat,” ujar Sumarwoto.

Saat banjir mulai surut tim terpadu dalam posko ini juga membantu pemulihan fungsi fasilitas umum seperti sekolah, Puskesmas, Posyandu. Mereka juga terlibat aktif melakukan pendataan dan kaji cepat, baik jiwa terdampak maupun infrastruktur serta merencanakan dan mengkordinasikan perbaikan fasilitas umum dengan instansi terkait.

Setelah mengadakan pelayanan masyarakat selama 4 hari, keadaan sudah mulai pulih, masyarakat sudah mulai melakukan aktifitas normal. Pemulihan yang cepat ini membuat posko bantuan bencana ini berangsur dikembalikan ke instansinya.

“Atas nama Kepala BPBD Provinsi Gorontalo menyatakan operasi penanganan darurat bencana banjir di Kabupaten Gorontalo dinyatakan selesai. Atas suksesnya layanan ini, kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran TNI dan Polri, Basarnas, PMI, Kwarda Provinsi Gorontalo, Dinas Kesehatan, BPBD Kabupaten Gorontalo, BPBD Bone Bolango, tokoh agama dan masyarakat atas kerjasama yang baik ini,” papar Sumarwoto.

 

Pewarta : Iswandi Jusuf - BPBD

Baca 308 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama