>
Senin, 17 September 2018 10:44

Wagub Gorontalo Canangkan Gerakan Tanam Padi Ladang

Oleh
Beri rating
(0 suara)

KAB. GORONTALO, Humas – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim mencanangkan program Gerakan Tanam (Gertam) padi ladang di Desa Heluma, Kecamatan Mootilango, dan Desa Karya Baru, Kecamatan Asparaga, Kabupaten Gorontalo, Sabtu (15/9/2018).

Gertam padi ladang merupakan bagian dari program Upaya Khusus (Upsus) peningkatan produksi padi, jagung, dan kedelai, untuk mendukung visi kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani.
Pemerintah itu terus berpikir dan berkeinginan agar para petani tetap memperoleh pendapatan meski pada kondisi kemarau seperti saat ini. Karena itulah kita canangkan gertam padi ladang,” kata Wagub Idris Rahim.

Melalui program Gertam padi ladang, Idris berharap produksi dan produktivitas padi di Provinsi Gorontalo akan terus meningkat. Oleh karena itu Wagub mengajak seluruh petani untuk mendukung upsus padi dengan menanam padi ladang.

“Program ini untuk kepentingan rakyat, sehingga itu saya minta jangan hanya sampai pada pencanangan ini. Hari ini kita canangkan, besok secara serentak petani harus mulai menanamnya,” tegasnya.

Untuk suksesnya program Gertam padi ladang, Kementerian Pertanian (Kementan) telah menyiapkan benih padi ladang yang tahan dalam kondisi kering.
Kita sudah memilih benih padi ladang yang varitasnya tahan terhadap kekeringan. jika ditanam hari ini hingga 30 hari kedepan belum ada hujan, benih ini tidak akan terganggu,” jelas Kepala Pusat Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kementan, Siti Munifah, yang juga sebagai penanggung jawab upsus di Provinsi Gorontalo.

Luas lahan untuk program Gertam padi ladang di Kecamatan Mootilango seluas 240 hektar, dan di Kecamatan Asparaga seluas 800 hektar, dengan total luas area tanam padi ladang di Kabupaten Gorontalo seluas 13.000 hektar. Untuk mendukung percepatan tanam padi ladang, Kementan bersama Pemprov Gorontalo melakukan beberapa langkah strategis, di antaranya menyiapkan Brigade Alsintan untuk pengolahan tanah, serta menyalurkan bantuan sarana produksi. Khusus di Kabupaten Gorontalo, bantuan yang disalurkan berupa benih padi untuk luas tanam 3.000 hektar, benih padi ladang 1.074 hektar, serta enam unit pengolah pupuk organik.(Hmsprov-Haris).

Baca 295 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama