>
Jumat, 25 Oktober 2019 20:21

GISA – Dukcapil Go Digital Segera Dikenalkan

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO – Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) – Dukcapil Go Digital akan segera diluncurkan di Provinsi Gorontalo. Rencananya program ini akan diluncurkan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Zudan Arief Fakrulloh di Kabupaten Pohuwato, Selasa (29/10/2019).

“Pencanangan GISA dan peluncuran Dukcapil Go Digital ini sebagai bagian dari terwujudnya kesadaran pemerintah dan masyarakat akan pentingnya administrasi kependudukan,” jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil (PNM Dukcapil) Provinsi Gorontalo, Slamet Bakri.

GISA merupakan program yang akan diterapkan di tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota dan provinsi. Setiap provinsi wajib memiliki minimal satu kabupaten/kota sadar adminduk. Setiap kabupaten/kota memilik minimal satu kecamatan sadar adminduk, serta tiap kecamatan memiliki minimal satu kelurahan/desa sadar adminduk.

“Targetnya agar terwujud kesadaran pentingnya dokumen, data, pemutakhiran dan pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat,” imbuh Slamet.

Sementara itu, untuk program Dukcapil Go Digital salah satu penerapannya yakni dengan memberlakukan tanda tangan elektronik oleh kepala dinas kabupaten/kota. Hal itu sejalan dengan Permendagri No. 7 tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan secara Online.

Saat ini Ditjen Dukcapil tengah mengembangkan teknologi baru face recognition untuk mengenal wajah seseorang dalam hitungan detik. Data tersebut dilengkapi dengan finger print dan irish mata. Semua bermuara pada penyediaan big data kependudukan yang terkoneksi dengan instansi layanan publik berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Baca 83 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo