>
Jumat, 25 Januari 2019 11:54

Gubernur Gorontalo Resmikan Universitas Pohuwato

Oleh
Beri rating
(0 suara)

KABUPATEN POHUWATO, Humas – Gubernur Gorontalo H. Rusli Habibie didampingi Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX Sulawesi, Prof. Jasruddin, dan Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga, meresmikan Universitas Pohuwato (Unipo). Peresmian ditandai dengan penekanan tombol yang membuka selubung nama Unipo di gedung Ichsan, Marisa, Kabupaten Pohuwato, Jumat (25/1/2019).

Gubernur Rusli Habibie dalam sambutannya mengapresiasi komitmen Yayasan Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Ichsan Gorontalo selaku yayasan yang menaungi Unipo yang telah berkontribusi besar dalam peningkatan sumber daya manusia di Provinsi Gorontalo.

“Pengembangan sumber daya manusia tidak bisa ditawar-tawar lagi. Untuk itu saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membangun dan mendirikan Universitas Pohuwato ini,” kata Rusli.

Lebih lanjut Gubernur dua periode itu menyarankan agar jurusan dan program studi di Unipo disesuaikan dengan potensi dan kebutuhan daerah. Hal ini dimaksudkan agar para lulusan Unipo tidak hanya berorientasi untuk menjadi aparatur sipil negara, tetapi berpikir untuk menjadi wirausaha yang mampu mengembangkan berbagai potensi Pohuwato menjadi produk-produk unggulan yang bernilai ekspor.

“Setiap tahun ribuan mahasiswa tamat dari berbagai universitas di Provinsi Gorontalo. Ujung-ujungnya adalah lapangan kerja. Sehingga itu saya minta Unipo ini dapat mendidik mahasiswa yang bisa mengembangkan potensi Pohuwato. Misalnya kelapa, diolah menjadi berbagai produk yang bernilai ekonomis. Jadi jangan lagi berpikir untuk menjadi ASN, mindset itu harus diubah,” imbuhnya.

Unipo berdiri berdasarkan Surat Keputusan Kemenristekdikti Nomor 985/KPT/11/2018. Unipo menjadi universitas swasta ke-15 di Provinsi Gorontalo dengan 13 program studi, yaitu Ilmu Hukum, Agroteknologi, Akuakultur, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Arsitektur, Teknik Sipil, Perencanaan Wilayah dan Kota, Ilmu Pemerintahan, Bahasa Inggris, Matematika, PGSD, serta Administrasi Pendidikan. (Hmsprov - Haris)

Baca 979 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo