>
Selasa, 11 Februari 2020 07:18

Guru Harus Disiplin Dalam menjalankan Tanggung Jawab

Oleh
Beri rating
(1 Vote)

MARISA  - Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora), Yosef P Koton menegaskan perlunya sikap disiplin kepada guru dalam menjalankan proses belajar-mengajar di sekolah. Hal ini disampaikan pada pembinaan guru dan tenaga Pendidik di aula SMK Negeri 1 Marisa Kabupaten Pohuwato, Senin (10/2/2020).

Kegiatan pembinaan ini merupakan kerjasama antaraq Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga (GTK) Kependidikan Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS). Pembinaan oleh Kepala Dinas diangap penting karena masih banyak laporan terkait guru yang meninggalkan jam mengajarnya hanya untuk mengurus keperluan pribadi atau sering terlambat datang ke sekolah.

Seluruh kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan SMA/SMK/SLB se-Kabupaten Pohuwato ikut hadir dalam pertemuan ini.

“Pembinaan guru dan tenaga kependidikan akan dilaksanakan secara bertahap per-kabupaten/kota yang dimulai dari kabupaten terjauh, Kabupaten Pohuwato,” kata Kepala Bidang GTK, Dewi Fatmawati Talani.

Dalam pembinaanya kepada kepala sekolah, guru serta tenaga kependidikan Yosef Koton mengatakan guru yang baik adalah guru yang memiliki disiplin dalam menjalankan tugas yang menjadi tanggung jawabnya. 

“Jika gurunya disiplin dan selalu memberikan contoh keteladanan yang baik, maka upaya Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) bisa terwujud.  Jika gurunya kurang berdisiplin, maka sulit mewujudkan siswa yang cerdas, unggul  dan berkarakter di Provinsi Gorontalo,” ujar Yosef Koton.

Ia menambahkan, guru adalah kurikulum yang hidup. Pola berpikirnya, ucapannya, dan sikapnya menjadi model bagi murid-muridnya. Ketika murid-murid dituntut disiplin untuk mengikuti aturan yang ada, maka guru sepatutnya berperilaku lebih disiplin dari siswa-muridnya.

Kepala Dinas Dikbudpora juga menyinggung persiapan Ujian Nasional yang sudah semakin mendekat, diharapkan guru dan tenaga pendidikan menengah di Pohuwato dapat memberikan penguatan materi terutama mata pelajaran yang diikutkan pada UNBK agar meningkatkan hasil Ujian Nasional dari tahun sebelumnya.

Dalam pertemuan ini hadi juga Kepala Bidang GTK, Kepala Bidang SMA, Kepala Bidang SMK, pejabat pengawas serta fungsional pengawas Kabupaten Pohuwato.

Pada akhir sambutannya Yosef Koton berharap para fungsional pengawas SMA/SMK/SLN dapat berperan sesuai fungsinya dalam meningkatkan mutu kompetensi dan profesionalisme guru, memantau proses pembelajaran setiap waktu serta memberikan bimbingan dan arahan menuju peningkatan kualitas pendidikan di Provinsi Gorontalo.

 

Pewarta : PPID Dikbudpora

Baca 387 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama