>
Jumat, 17 Juli 2020 11:34

Hindari Covid-19 SMKN 1 Marisa Ciptakan Tempat Cuci Tangan Portable

Oleh
Beri rating
(1 Vote)

 

MARISA – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Marisa  jurusan permesinan memproduksi wastafel cuci tangan portable yang sangat menawan.

Wastafel ini merupakan karya siswa yang sangat dibutuhkan masyarakat sebagai sarana untuk mencuci tangan di setiap rumah, perkantoran atau tempat lainnya pada masa pandemic Covid-19.

Karya ini juga sebagai upaya membantu pemerintah untuk menangani Covid-19 yang telah banyak menimbulkan korban di seluiruh dunia.

Kebutuhan mendesak untuk memenuhi permintaan masyarakat inilah yang menimbulkan ide kreatif para siswa untuk memproduksi wastafel ini.

Menurut Mirhan Bumulo, Kepala SMK Negeri 1 Marisa mengaku sangat bangga dengan ide dan kreativitas anak didiknya ini. Para siswa dalam memproduksi wastafel ini mendapat bimbingan  dari guru pendamping.

“Wastafel ini akan kami manfaatkan untuk tamu ataupun pengunjung sekolah, juga akan disediakan pada setiap kelas jika siswa akan masuk sekolah nanti. Sehingga sebelum masuk kelas siswa diminta cuci tangan dahulu,” kata Mirhan Bumulo, Jumat (17/7/2020).

Dalam produksi awal ini, SMK Negeri 1 Marisa masih fokus untuk kebutuhan internal sekolah. Namun jika permintaan di masyarakat tinggi maka tidak mungkin akan diproduksi massal untu memenuhi permintaan pasar.

"Tempat cuci tangan ini akan diproduksi massal jika banyak peminat dari lembaga dan perkantoran atau masyarakat di KAbupaten Pohuwato, wastafel ini dapat digunakan di luar ruangan juga bisa ditempatkan di dalam ruangan karena desainya ramah lingkungan juga bisa dipindahkan sesuai kebutuhan," ujar Mirhan Bumulo.

Produk SMK Negeri 1 Marisa ini mendapat respon yang baik dari Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Provinsi Gorontalo, Ernawaty Panu. Ernawaty merasa bangga dan akan mendukung produksi ini.

“Kami akan mendorong agar SMK di Gorontalo terus berinovasi dan mendukung sepenuhnya cipta produk SMK hingga bisa dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," kata Ernawaty.

 

Pewarta; PPID Dikbudpora

Baca 242 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama