>
Rabu, 06 November 2019 22:13

Kemah Bakti Literasi Serukan Bebaskan Laut Dari Sampah Plastik

Oleh
Beri rating
(0 suara)

MARISA- Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo menggelar kemah bakti literasi tahun 2019 bertempat di Taman Pemuda Blok Plan Kantor Bupati Pohuwato, Rabu-Kamis (6-7/11/2019)

Kemah Bakti Literasi diikuti oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kabupaten/kota yang masing masing mengirimkan utusan berjumlah 50 orang.

Kepala Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo, Yosep P Koton, dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk menggaungkan, mempublikasikan dan meningkatkan aktifitas literasi, baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

“Kami juga menumbuhkembangkan kreatifitas dan inovasi dalam kegiatan literasi, serta menjaga dan melestarikan budaya literasi di Gorontalo. Silaturrahim dan berbagi pendapat antarpeserta Kemah Bakti Literasi akan menciptakan rasa persaudaraan dan kebersamaan antara pegiat literasi,” kata Yosep Koton, Rabu (6/11/2019).

Tema Kemah Bakti Literasi tahun ini adalah Stop Ocean Plastic Polution (bebaskan laut dari sampah plastik).

Kemah Bakti Literasi dibuka olehs staf ahli gubernur, Husen Hasni. Dalam sambutannya, Husen Hasni mengatakan berdasarkan riset terbaru minat baca masyarakat Indonesia saat ini berada di peringkat 16 dari 30 negara di dunia,

hal tersebut sesuai survey yang dilaksanakan Perpustakaan Pusat Nasional (Perpusnas) yang menyatakan minat baca masyarakat Indonesia secara keseluruhan adalah 52,9 persen. Sementara khusus Provinsi Gorontalo hanya 29,9 persen.

Bila minat baca masyarakat ini digabungkan dengan minat baca siswa,mahasiswa dan PNS maka angkanya 39,4 persen, angka ini masih rendah jika dibandingkan dengan minat baca nasional yang telah mencapai 52,9 persen.

“Berbagai inovasi dalam membudayakan gemar membaca terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi dan kabupaten/kota,” ujar Husen Hasni

 

Pewarta : Suleman - Dinas Arpus.

 

Baca 100 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo