>
Sabtu, 19 Oktober 2019 15:05

Sutrisno: Moali Mopomulo Longgola Motali (Bisa Menanam Kenapa Beli)

Oleh
Beri rating
(0 suara)

MARISA  -  Dinas Pangan Kabupaten Pohuwato menggelar Pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) untuk memperingati Hari Pangan Sedunia yang ke-39.

Kegiatan ini juga dirangkaiakn dengan pertemuan Dewan Ketahanan Pangan Daerah Kabupaten Pohuawto.

Bupati Pohuwato, Syarief Mbuinga  yang membuka kegiatan ini menegaskan momentum hari pangan sedunia ini adalah memerangi kemiskinan, kelaparan dan kerawanan pangan.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada para petani, nelayan, peternak, sebagai pejuang pangan yang dengan gigih bekerja untuk ketersediaan pangan di kabupaten Pohuwato," kata Syarief Mbuingga, Kamis (17/10/2019).

Dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Pangan Provinsi Gorontalo, Sutrisno sebagai narasumber dalam pertemuan Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Pohuwato menjelaskan kemandirian pangan dimulai dari rumah tangga, sebagian besar rumah tangga belum memanfaatkan pekarangannya sehingga kebutuhan setiap harinya masih dibeli di pasar.

“Halaman atau kebun sekitar rumah dapat kita manfaatkan dengan menanam cabe, sayur-sayuran hijau dan tumbuhan lainnya untuk kebutuhan konsumsi di rumah. Ini mengacu pada konsep Beragam Bergizi seimbang dan Aman (B2SA). Kalau bisa menanam kenapa membeli, mowali mopomulo longgola motali,” kata Sutrisno.

Hari Pangan Sedunia ke-39 ini digelar beberapa  kegiatan seperti gelar pangan B2SA oleh para pelaku Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) yang tergabung dalam Asosiasi Industri (ASRI) dan Kelompok binaan taman membaca Dinas Perpustakaan Kabupaten Pohuwato di ruang pola Kantor Bupati Pohuwato.

Sebelumnya Kepala Dinas Pangan Kabupaten Pohuwato, Reflin Basir dalam laporannya menuturkan kegiatan ini terselenggara untuk memperkuat ketahanan pangan daerah khususnya di Kabupaten Pohuwato

Hadir dalam kegiatan ini Wakapolres Pohuwato, Vonce Mawicere,  Kepala  subdrive Bulog Gorontalo, Munafrin Samsudin, Kepala Badan stastistik Pohuwato Suparno,  Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Pangan Provinsi Gorontalo Zakiya Beserewan, konsultan penyusun Food Security And Vunerability Atlas (FSVA) Rusthamrin Akuba dan jajaran dinas pangan Kabupten Pohuwato.

 

Pewarta : Hariman – Dinas Pangan

Baca 228 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo