>
Kamis, 17 Oktober 2019 19:12

Warga Korban Banjir Di Pohuwato Ikuti Pemulihan Psikologis

Oleh
Beri rating
(0 suara)

MARISA - Warga Desa Teratai dan Bulangita Kabupaten Pohuwato mengikuti pemulihan psikologis korban bencana banjir.

Warga 2 desa ini pernah mengungsi selama sepekan akibat rumah dan ladang mereka terendam banjir pada Juli 2019. Banjir saat itu sangat parah hingga mereka terpaksa meninggalkan harta benda ke tempat yang lebih aman.

Sebagian harta benda di rumah juga hanyut, tanaman tak bisa dipanen. Mereka bertahan hidup di tempat pengungsian yang jauh dari kenyamanan.

Pemulihan psikologis korban banjir ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Pohuwato, Johny Nento. Dalam sambutannya, Johny Nento minta masyarakat bekerjasama menjaga lingkungan, menanam pohon di kawasan yang gundul dan menjaga kebersihan lingkungan.

“Menjaga lingkungan dengan menanam pohon sangat penting, masyarakat harus memperhatikan ini,: kata Johny Nento, Rabu (16/10/2019).

Sementara itu Sumarwoto, Kepala BPBD Provinsi Gorontalo saat memberi sambutan pada pembukaan pemulihan korban bencana mengharap warga korban bencana banjir bisa pulih kondisi kehidupanya dan bisa melaksanakan kegiatan seperti sediakala.

“Bencana itu peristiwa alam yang biasanya berulang dalam kurun waktu tertentu, oleh karena itu saya berharap masyarakat waspada dan cermat terhadap kondisi lingkungan masing-masing, siapkan tas ransel untuk selamat yang berisi dokumen penting seperti ijazah, surat tanah dan surat berharga lsinya, beserta obat-obatan, makanan dan minuman siap saji yang bisa bertahan 3 hari,” kata Sumarwoto.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Gorontalo hadir di tengah masyarakat yang tertimpa musibah. Petugas membantu masyarakat agar aman dan memfasilitasi kehidupan di pengungsian.

“Mari kita jaga alam, alam akan jaga kita. Salam tangguh,” ujar Sumarwoto.

 

Pewarta : Iswandi Jusuf - BPBD

Baca 199 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo