>
Kamis, 08 Agustus 2019 09:46

2 Jam Kerja Kolaborasi Kumpulkan 2 Truk Sampah Plastik Di Tangga 2000

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO - “Dulu, pedagang di pasar menggunakan daun woka untuk membungkus barang dagangan yang dibeli oleh konsumen, mereka tidak memerlukan plastik sebagai bahan untuk membungkus barang atau makanan” kata Budiyanto Sidiki, Kepala Bapppeda Provinsi Gorontalo.

Hal ini dinyatakan oleh  Budiyanto Sidiki, saat memberikan arahan dalam kampanye lingkungan dengan tajuk #saveocean pada Minggu (4/8/2019).

“Plastik memang menjadi isu serius bagi keberlanjutan lingkungan. Saat ini Indonesia menjadi negara penyumbang sampah plastik ke laut  terbesar kedua di dunia. “ Ini tentu berbahaya,” ujar Budiyanto Sidiki.

Dalam rangka menyebarluaskan pengetahuan bahaya sampah plastik ini, Bapppeda Provinsi Gorontalo melalui Sekretariat SDGs bersama Rumah Literasi dan forum Non State Actor mengadakan kampanye yang mengambil tema “Yuk, bersih-bersih pantai” di Obyek Wisata Pantai Tangga 2000 yang juga merupakan salah satu lokasi favorit masyarakat Gorontalo menghabiskan waktu senggangnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh salah satu aktor peran Indonesia, Donny Alamsyah. Di sela-sela aktivitasnya  mengangkat sampah plastik dari laut bersama inisiator Rumah Literasi, Donny Alamsyah ingin mengirimkan pesan bahwa plastik tidak hanya merusak ekosistem di darat, akan tetapi juga sangat berbahaya untuk ekosistem  di laut.

Inisiator Rumah Literasi yang dikenal dengan panggilan Ustadz Aan Chandra bahkan menganalogikan mengangkat sampah yang ditemui seperti mengangkat duri di jalanan sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

“Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar dan kurang lebih 2 truck sampah dapat dikumpulkan selama 2 jam kampanye dilakukan”, Ujar Wiwik Junus Ismail, Koordinator kegiatan ini.

Kampanye ini dihadiri juga oleh berbagai Organisasi Masyarakat Sipil, Himpunan Mahasiswa Arsitektur Universitas Negeri Gorontalo serta didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Gorontalo dan Kota Gorontalo.

 

Pewarta : PPID Bapppeda

Baca 586 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo